Ini Perbedaan Pola Sebaran Covid-19 dengan Hepatitis Misterius

JagatBisnis.com-Penyakit hepatitis akut pada anak menjadi perhatian dunia saat. Karena penyebabnya belum diketahui. Padahal, penyakit hepatitis sudah ada sejak lama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meski demikian, banyak asumsi yang mengaitkan hepatitis misterius ini dengan Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan, penyebab penyakit hepatitis diketahui karena virus hepatitis A,B,C,D, dan E, terkecuali hepatitis akut misterius ini. Selain disebabkan oleh virus tersebut, penyakit hepatitis juga disebabkan oleh Adenovirus. Kemudian, muncul Hepatitis akut misterius ini dan diuji ke laboratorium. Ditemukan adanya virus Adenovirus dan virus non-hepatitis ABCDE.

“Sehingga, kemunculan hepatitis akut dijadikan penyakit yang harus diwaspadai oleh WHO. Muncul hepatitis suatu gejala dengan hepatitis yang ditemukan, kemudian dalam pemeriksaan dalam laboratorium ditemukan jenis virus Adenovirus dan non-hepatitis ABCDE. Ini kita kategorikan oleh WHO, sebagai penyakit harus diwaspadai, makanya ada sistem kewaspadaan yang dibuat WHO,” kata dr. Nadia, dikutip dari tayangan video di akun Instagram dr. Fajri @drfajriaddai, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga :   Melonjak Tajam, India Kremasi 80 Jasad Covid-19 Tiap Hari

Sedangkan, untuk pola penyebaran virus Covid-19, lanjut Nadia, diketahui dari China. Kemudian menyebar ke berbagai negara melalui perjalanan (luar negeri/domestik). Sementara, hepatitis akut pada anak pola penyebarannya masih diteliti lebih lanjut oleh para ahli epidemiologi. Bahkan sejumlah negara sudah mengupayakan investigasi untuk mengetahui penyebab penyakit tersebut. Namun, virus Adenovirus dan penyakit hepatitis (ABCDE) sudah ada sejak lama di dunia.

Baca Juga :   Dalam Sehari, Kasus COVID-19 di AS Tembus 155.681

“Jadi pola penyebarannya ini sedang dicari tahu, apakah ini Adenovirus, apakah ada virus sudah bermutasi atau adanya virus baru muncul. Inilah yang sedang dicari tahu oleh para ahli. Kalau ini memang virus hepatitis dan virus Adenovirus merupakan penyakit yang lama ada, artinya kemudian bermutasi,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO