PLN Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Bahan Kontruksi Jalan

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) siap memanfaatkan limbah batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk konstruksi jalan. Limbah tersebut dipakai untuk pengganti bahan urukan jalan yang selama ini digunakan.

“Semoga aspek legal dan teknisnya bisa segera diselesaikan agar sumber daya yang sangat melimpah ini dapat segera dimanfaatkan. Apalagi, kami juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam pemanfaatan limbah hasil pembakaran batu bara,” kata Manager UPDK Palangkaraya Heni Setyo Handoko, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Tengah Hardy Pangihutan Siahaan menambahkan, hasil uji sampel Fly Ash Bottom Ash (FABA) atau hasil limbah batu bara sangat berpotensi menjadi bahan pengganti urukan jalan. Pihanknya juga telah melakukan kunjungan ke PLTU Pulang Pisau sebagai tindak lanjut dari penyusunan rancangan Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap stabilisasi tanah atau bahan pengganti urukan jalan yang sudah dimulai sejak awal tahun 2022 lalu.

Baca Juga :   PLN Siagakan 126 SPKLU untuk Pemudik yang Pakai Mobil Listrik

“Pengecekan lokasi workshop pengolahan limbah FABA PLTU Pulang Pisau pun dilakukan untuk melihat langsung fisik FABA dan pemanfaatan yang sudah dilakukan oleh UPDK Palangkaraya. Adapun rencana uji coba lapangan terkait pemanfaatan FABA di ruas jalan provinsi dan food estate Kalimantan Tengah dalam waktu dekat,” imbuhnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO