Pasca Lebaran, Beban Listrik di Jakarta Kembali Normal

JagatBisnis.com – Beban listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya kembali normal usai Lebaran 2022. Kini beban listrik Ibu Kota sebesar 4681 megawatt (MW) dengan rata-rata tahunan 4.680 MW. Karena saat ini, warga Jakarta sudah kembali beraktivitas normal. Sehingga beban listrik sudah kembali normal setelah pandemi Covid-19, bahkan mengalami beban puncak tertinggi pada 18 April sebesar 5.351 MW.

“Saat Lebaran beban listrik di Jakarta dan sekitarnya yaitu 2.770 MW atau turun sebesar 40 persen dari beban rata-rata harian. Beban listrik berangsur naik pasca lebaran dengan kurva kenaikan yang tajam pada hari pertama masuk kerja pada 9 Mei 2022 sebesar 4.535 MW,” General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan, Rabu (11/5/2022).

Dia menjelaskan, kenaikan konsumsi listrik tersebut terdiri dari kenaikan pemakaian listrik sektor bisnis di Jakarta sebesar 8,7 persen sejak Januari sampai Maret 2022 atau sebesar 2.758 Giga Watt hour (GWh). Konsumsi listrik untuk bisnis ini sudah mulai naik, bisa jadi karena banyak perkantoran yang mulai menerapkan Work From Office kembali, event offline mulai digelar, okupansi hotel yang meningkat, serta kegiatan di pusat perbelanjaan yang mulai banyak.

Baca Juga :   PLN Lakukan Penanganan Data Pelanggan

“Meskipun jumlah pelanggan listrik di sektor bisnis ini hanya 6,08 persen dari total 4,9 juta pelanggan di wilayah kami, tetapi konsumsi listriknya 33,3 perden dari total konsumsi listrik Jakarta yang mencapai 8,2 TWh. Ini merupakan konsumsi listrik tertinggi sejak diumumkan Pandemi Covid-19 pada Maret tahun 2020,” ujarnya.

Baca Juga :   Selama Pandemi, PLN Salurkan Stimulus Listrik Rp24,23 Triliun

Sedangkan, untuk rumah tangga, lanjut dia, , konsumsi listrik dari awal tahun sampai Maret 2022 naik 4,39 persen dari tahun lalu. Pihaknya mecatat kenaikan jumlah pelanggan rumah tangga di Jakarta dan sekitarnya sampai Bulan Maret sebesar 3,3 persen dibanding tahun lalu (YoY). Kini total pelanggan rumah tangga PLN UID Jakarta di wilayah ini sebesar 4,5 juta pelanggan. (*/eva)