WHO Kirim 20 Unit Ambulans ke Ukraina

JagatBisnis.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan 20 ambulans kepada Kementerian Kesehatan Ukraina, Senin (9/5/2022). Ambulance tersebut dikirim ke segala medan yang dapat bekerja di daerah yang rusak dan tidak dapat diakses. Bantuan itu diberikan untuk mendukung kebutuhan kesehatan darurat, karena Rusia terus membombardir kota-kota di Ukraina.

“Kami tidak hanya membawa persediaan tetapi juga dukungan berdasarkan kebutuhan. Ambulans yang kami serahkan ini dilengkapi dengan generator dan lemari es darah untuk ke rumah sakit di mana pun mereka membutuhkannya,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (10/5/2022).

Tedros menegaskan, hal yang terpenting yang ingin diwujudkan adalah perdamaian,m. Apalagi, Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Liashko yang dibesarkan di zona perang di negara asalnya, Ethiopia sangat mengetahui kehancuran akibat perang secara langsung.

Baca Juga :   WHO: Penyintas Tetap Harus Divaksin

“Makanya, saya merasa sangat sedih ketika Rusia menginvasi Ukraina. Sebab, saya tahu dampak dan kehancurannya. Bahkan, kami telah memverifikasi ada 200 serangan terhadap fasilitas kesehatan di Ukraina sejak perang dimulai. Maka, serangan ini harus dihentikan. Perawatan kesehatan tidak pernah menjadi target. Sementara saya melihat dan belajar tentang penderitaan besar, saya juga melihat keberanian,” paparnya.

Baca Juga :   WHO Beri Sinyal Jadikan RI Pusat Produksi Vaksin Covid-19

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Ukraina Iryna Mykychak menambahkan, Ukraina menerima kendaraan off-road modern dari WHO untuk memastikan evakuasi medis. Ambulans ini dapat berkendara ke tempat-tempat paling penting yang tersedia, bahkan di tempat yang jalannya paling rusak. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO