Urai Kemacetan di Jalur Selatan Jabar, Polisi Kerahkan Tim Paralayang

JagatBisnis.com – Polisi Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menerjunkan tim paralayang dan paramotor untuk membantu mengurai kemacetan di jalur selatan Jabar dalam arus balik Lebaran 2022, Selasa (10/5/2022). Tim tersebut dikerahkan untuk melakukan pemantauan udara arus balik di jalur provinsi Tarogong dan jalur nasional kawasan Limbangan, Kabupaten Garut. Para penerjun paralayang dan paramotor ini dikerahkan untuk memberi imbauan Kamtibmas kepada pemudik yang akan kembali menuju sejumlah kota besar setelah mudik dari kampung halaman.

Baca Juga :   Kemacetan Jakarta Semrawut, Polantas Menyerah

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, tim paramotor dan paralayang dikerahkan untuk memantau arus balik dari udara serta memberikan informasi kepadatan lalu lintas. Selain itu, penerjun paramotor juga dilibatkan melakukan pantauan udara di dua jalur arus balik untuk memberikan informasi kepadatan lalu lintas agar dilakukan penguraian oleh tim di lapangan.

Sementara itu, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono menambahkan, hingga Selasa (10/5/2022), jalur nasional Limbangan masih terpantau mengalami kepadatan kendaraan dari kedua arah. Bahkan, petugas di lapangan pun telah memberlakukan sedikitnya dua kali buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraan tersebut, terutama di jalur nasional Limbangan masih terlihat dari kedua arah mengalami kepadatan.

Baca Juga :   Kemacetan Jakarta Semrawut, Polantas Menyerah

Saat pemberlakuan one way atau satu arah, penerjun dikerahkan untuk menyapa pemudik yang tertahan rekayasa lalu lintas itu melalui spanduk bertuliskan ‘Selamat Balik Mudik, Hati Hati di Jalan’, ‘Mudik Aman dan Sehat’, ‘Antisipasi One Way’, dan ‘Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2022’. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO