Pelanggan PLN di Pulau Sebuku Nikmati Listrik Hanya 12 Jam

JagatBisnis.com-Sebanyak 1.981 pelanggan PLN di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menikmati listrik hanya selama 12 jam sehari. Keterbatasan listrik itu karena Pulau Sebuku hanya disuplai oleh sistem Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

“Sebentar lagi akan terang benderang. Kami masih berjuang menyukseskan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Selaru–Sebuku. Pastinya akan berdampak untuk mereka,” kata Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Kalbagtim 4 Arie Nugroho Ardianto, Minggu (8/5/2022).

Dia menjelaskan, karena perjuangan masyarakat di pulau itu juga hingga kini pengadaan tanah sudah mencapai 100 persen. Sedangkan untuk pembangunan pondasi tower mencapai 66 buah dan sudah berdiri 28 tower. Oleh sebab itu, pihaknya optimis dengan dukungan masyarakat dan stakeholder terkait, diharapkan pembangunan SUTT iru dapat selesai tepat waktu.

Baca Juga :   Jaga Keandalan Listrik, PLN Gelontorkan Dana Rp11,7 Miliar

“Target kami selesai tahun ini. Karena nantinya, pembangunan SUTT itu dapat menyuplai kebutuhan pelanggan tegangan tinggi yang ada di daerah tersebut, yaitu PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) yang membutuhkan listrik hingga 60 MVA sebagai penunjang bisnisnya. Pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku merupakan bukti keseriusan kami dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur ketenagalistrikan, serta rasio elektrifikasi, khususnya di Kalsel,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO