Masih Ada 60 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

JagatBisnis.com – Kendaraan pemudik yang melakukan arus balik terus memadati ruas tol Jakarta-Cikampek. Berbagai rekayasa lalu lintas pun diterapkan demi mengurai kepadatan kendaraan. Karena 60 persen atau sebanyak 1,2 juta kendaraan belum kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek). Angka tersebut merupakan angka realisasi kendaraan yang kembali ke Jabotabek yang dibandingkan dengan kendaraan meninggalkan Jabotabek periode H-10 hingga H-1 Lebaran.

“Kami mencatat total 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-10 hingga H-1, atau pada 22 April-2 Mei 2022. Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815 ribu kendaraan yang kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 60% atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5/2022).

Dengan demikian, Heru memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (8/5/2022). Dimana jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021. Untuk itu, mengacu kepada jumlah kendaraan yang belum balik ke Jabotabek via jalan tol, pihaknya meminta pemudik yang akan melakukan arus balik agar merencanakan dengan matang waktu balik ke tempat merantau mereka masing-masing.

Baca Juga :   Arus Balik, 270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jakarta

“Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik besok. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60 persen yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan,” ujar Heru. “Namun jika tetap pulang besok, kami mohon pengguna jalan untuk bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa,” pungkas Heru. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO