Orang-orang Kaya Rusia Melarikan Diri ke Dubai

JagatBisnis.com – Para miliarder dan pengusaha Rusia telah tiba di Uni Emirat Arab (UEA) dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu juga dibuktikan dengan melonjaknya pembelian properti di Dubai oleh orang-orang Rusia, yang melonjak 67 persen dalam tiga bulan pertama tahun 2022.

Hingga saat ini UEA belum menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atau mengkritik invasi negara itu ke Ukraina. UEA juga masih memberikan visa kepada orang Rusia yang tidak terkena sanksi, sementara banyak negara Barat telah membatasi mereka.

Diperkirakan ratusan ribu orang telah meninggalkan Rusia selama dua bulan terakhir–meskipun angka pastinya tidak tersedia. Seorang ekonom Rusia mengatakan sebanyak 200.000 orang Rusia telah pergi dalam 10 hari pertama setelah perang dimulai.

Baca Juga :   Gazprom Matikan Aliran Gas Rusia Selama 3 Hari

Virtuzone, yang membantu perusahaan untuk mendirikan operasi di Dubai, telah melihat lonjakan besar klien Rusia. “Kami menerima lima kali lebih banyak pertanyaan dari Rusia sejak perang dimulai,” kata Kepala Eksekutif Virtuzone, George Hojeige.

Baca Juga :   ExxonMobil Berkemas Tinggalkan Rusia akibat Perang

“Mereka khawatir tentang krisis ekonomi yang akan datang. Itu sebabnya mereka pindah ke sini untuk mengamankan kekayaan mereka.”

Masuknya warga negara Rusia telah mendorong permintaan untuk vila dan apartemen mewah di seluruh kota. Agen real estat melaporkan lonjakan harga properti, karena orang Rusia yang tiba di Dubai ingin membeli rumah.

Agen real estat yang berbasis di Dubai, Betterhomes, menemukan pembelian properti oleh orang Rusia melonjak dua pertiga kali dalam tiga bulan pertama tahun 2022. Dan agen real estat lainnya, Modern Living, mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah mempekerjakan banyak agen berbahasa Rusia untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Chief executive Thiago Caldas mengatakan mereka menerima banyak telepon dari warga negara Rusia yang ingin segera pindah ke Dubai.

Baca Juga :   Dampak Invasi Rusia, Minyak Mentah Mengalami Kenaikan

“Orang Rusia yang datang tidak membeli hanya untuk investasi, mereka melihat Dubai sebagai rumah kedua,” katanya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO