Mudik Lebaran Tahun Ini, Sebanyak 458.300 Tiket KA Terjual

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta berhasil menjual tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mencapai 458.300 tiket untuk keberangkatan 22 April hingga 5 Mei 2022. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna, diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April hingga 1 Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area wilayahnya mencapai 100 persen.

“Sementara untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan. Secara total, untuk hari Kamis (5/5/2022) terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” kata dia, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga :   Begini Kata KAI, Terkait Kecelakaan KA di Bandung

Dia menjelaskan, arus mudik juga masih terjadi di sejumlah stasiun Gambir dan Stasiun Senen. Secara total pada hari Kamis (5/5/2022) ini terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun di area wilayahnya. Khusus pada Stasiun Gambir, volume penumpang berangkat sebanyak 10.100 orang atau 58 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600. Sementara di Stasiun Pasar Senen, volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 orang atau 73 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.300.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, KA di Sumbar Ada Layanan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat

“Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area wilayah ini masih cukup tinggi. Karena tiket KAJJ dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk keberangkatan setelah Lebaran masih tersedia. Masyarakat yang ingin mudik dan belum mendapatkan tiket atau baru akan memesan tiket setelah hari Lebaran dapat memilih tanggal alternatif seperti tanggal 4 sampai dengan 7 Mei 2022, walaupun jumlah pemesanan terus meningkat,” tegasnya.

Baca Juga :   Lebih dari 855 Ribu Pemudik Beli Tiket via KAI Access

Maka, pihanya mengimbau masyarakat yang masih akan mudik pasca Lebaran dan baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO