Contraflow Mulai Diberlakukan ke Arah Jakarta

JagatBisnis.com –  Kepolisian sudah mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas di jalur tol untuk mengantisipasi peningkatan arus balik memasuki H+2 Lebaran, Kamis (5/5/2022), yang menuju ke arah Jakarta, seperti di Tol Cipali.

Pada Jumat (6/5/2022), rekayasa lalu lintas lawan arus atau contraflow mulai diberlakukan di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di KM 157 sampai 147 dan KM 132 sampai 129, sesuai diskresi Kepolisian.

“Atas diskresi Kepolisian contraflow diberlakukan mulai pukul 17.50 WIB di KM 157 sampai KM 147 dan KM 132 sampai KM 129,” kata GM Operasi Astra Tol Cipali Suyitno, dalam keterangannya di Cirebon, Kamis malam.

Baca Juga :   Pemudik Diminta Rayakan Lebaran Ketupat di Kampung Halaman

Menurut dia, penerapan lawan arus tersebut untuk mengurangi kepadatan arus balik Lebaran yang terjadi di sekitar lokasi, terutama lajur arah Jakarta.

“Lawan arus ini diberlakukan untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta,” tutur Suyitno.

Sampai saat ini arus balik kendaraan yang melintas di jalan tol Cipali sudah menunjukkan peningkatan, dibanding sehari sebelumnya.

Bahkan, data sementara pada Kamis, kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan dari pagi hingga siang tercatat 35.890 unit.

Contraflow juga diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai KM 70 hingga KM 47, oleh Jasa Marga atas diskresi Kepolisian.

“Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga melakukan buka tutup contraflow untuk mengurai kepadatan kendaraan di jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta,” ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria.

Baca Juga :   Polresta Denpasar Libatkan Pecalang Amankan Rumah yang Ditinggal Pemudik

Dengan pertimbangan situasi dan kondisi tingginya volume lalu lintas, pada pukul 14.37 WIB telah dilakukan pemasangan rambu contraflow dan pada pukul 15.35 WIB contraflow mulai diberlakukan dari KM 70 sampai dengan KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, menjaga jarak aman, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Baca Juga :   Ini Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Jika Menggunakan Bus Damri

Pada H+1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H tercatat sebanyak 195.453 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak) dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Total volume lalu lintas yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 44,9 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021, dengan total 134.844 kendaraan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO