Usai Mudik Lebaran, Pastikan Tubuh Fit Saat Jalani Arus Balik

JagatBisnis.com – Arus balik diperkirakan akan memuncak jelang akhir pekan. Dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tetty Switha Sinaga mengimbau warga yang melakukan perjalanan saat arus balik untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Jagalah kesehatan agar tetap fit selama melakukan perjalanan,” kata Tetty yang bertugas di Posko Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur, Rabu, (4/5/2022).

Ia juga mengimbau warga untuk senantiasa melakukan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih belum berakhir.

Baca Juga :   Solusi Hadapi Tantangan Gaya Hidup dan Kesehatan di Tengah Pandemi

Protokol kesehatan itu antara lain meliputi menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga :   Kenali Reaksi dan Efek Samping Usai Mendapat Vaksinasi COVID-19

Tetty menuturkan warga juga perlu menjalani vaksinasi COVID-19 baik dosis lengkap maupun booster sebagai salah satu upaya melawan COVID-19.

Ia mengimbau para pemudik untuk senantiasa memakai masker dan menjaga jarak serta mengonsumsi makanan bergizi dan cukup istirahat.

Tetty dan tujuh personel lain bertugas untuk melayani pemeriksaan kesehatan di Posko Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan.

Baca Juga :   Masyarakat Indonesia Beralih ke Gaya Hidup Sehat

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah sopir bus, Posko Kesehatan itu juga melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap warga, dan melayani penumpang yang mengalami keluhan sakit.

Posko kesehatan itu didirikan sebelum H-7 Lebaran, dan diperkirakan beroperasi hingga 10 Mei 2022 atau bahkan operasionalnya bisa diperpanjang jika dibutuhkan.(pia)

MIXADVERT JASAPRO