Tahun Ini, BRI Targetkan Bisa Salurkan KPR ke Milenial Hingga Rp500 Miliar

JagatBisnis.com –  Generasi milenial kini diincar perbankan dalam menyalurkan berbagai produk keuangan. Bahkan, segmen milenial mampu menopang kinerja kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan hingga kuartal pertama 2022. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, misalnya telah menyalurkan 56 persen dari portofolio KPR kepada nasabah milenial.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, segmen millenial memiliki prospek yang cerah. Sejalan dengan itu, pihaknya melakukan mitigasi risiko terhadap segmen ini dengan menerapkan calon debitur dengan penghasilan tetap. Selain itu, juga ditujukan untuk pembelian rumah pada developer yang telah menjalin kerjasama dengan bank ini.

“Saat ini, kami belum memiliki produk KPR yang diperuntukkan khusus bagi kalangan millennial. Namun, untuk tahun ini target penyaluran KPR kami ke segmen millennial senilai Rp500 miliar,” katanya, seperti dikutip, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga :   BRI Sudah Salurkan 41,12 Persen dari Total Plafon KUR

Dia mengaku, pihaknya berhasil menyalurkan pertumbuhan outstanding KPR 9,9 persen year on year (yoy) dari Rp36,6 triliun di kuartal I-2022 menjadi Rp40,2 triliun hingga Maret 2022. Penyaluran ke sektor properti ini berkontribusi 26,5 persen dari total portofolio kredit konsumer BRI senilai Rp149,4 triliun.

Baca Juga :   Jelang Nataru, BRI Siapkan Dana Rp30,4 Triliun

“Sementara itu, Bank Indonesia (BI) mencatatkan penyaluran kredit KPR maupun kredit pemilikan apartemen (KPA) tumbuh meningkat 10,6 persen yoy menjadi Rp584,9 triliun hingga Maret 2022. Penyaluran ini terutama kredit untuk pemilikan rumah tinggal tipe di atas 70 meter di Banten. Begitu pula kredit Real Estate, tumbuh positif 4,6 persen yoy menjadi Rp174,9 triliun. Seiring peningkatan penyaluran kredit real estate gedung perbelanjaan (mal, plaza) di DKI Jakarta,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO