Tempat Ini Favorit saat Libur Lebaran

JagatBisnis.com – Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali menjadi kota favorit wisatawan selama libur Lebaran di mana pemesanan early booking naik hingga lebih dari 13 persen dibandingkan pekan ketiga April lalu.

“Antusiasme masyarakat untuk kembali traveling dan mudik ke kampung halaman tahun ini diprediksi akan tinggi,” kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/5/2022).

Tren perjalanan di momentum libur Lebaran tahun ini pun diprediksi masih akan mengikuti tren 2021. Menurut OYO Travelopedia 2021, yang telah melakukan survei kepada 2.000 partisipan di berbagai negara, termasuk di Indonesia, ada peningkatan tren selama 2021 dalam hal perjalanan menuju destinasi di wilayah terpencil dan dekat dengan nuansa alam, hingga preferensi bepergian jalur darat dengan kendaraan pribadi atau road-trip.

Baca Juga :   Jelang Lebaran 2022, 144.392 Petugas Jaga Masjid hingga Pusat Perbelanjaan Diterjunkan

Selain itu, lebih dari sepertiga responden Indonesia mengungkapkan lebih menyukai dan memilih bepergian dengan mobil atau sepeda motor pribadi untuk melakukan perjalanan darat.

Diperkirakan juga pada momen libur Lebaran 2022, hampir 40 persen pemudik akan menggunakan jenis kendaraan pribadinya untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya. Dalam hal menginap pun, hotel menjadi pilihan utama dibanding tipe akomodasi lainnya.

Baca Juga :   KAI Siapkan 739 Ribu Tempat Duduk Selama Masa Mudik Lebaran 2022

Tren dan preferensi wisatawan di era pandemi yang mulai beralih ke wisata alternatif, dengan konsep wisata yang lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, juga akan mempengaruhi tren traveling di momentum libur Lebaran tahun ini.

Baca Juga :   Salat Idul Fitri Hanya Boleh di Zona Kuning-Hijau, Maksimal 50 Persen dan Lansia Dilarang Ikut

“Pemudik yang datang ke kampung halaman juga diprediksi akan mengunjungi tempat wisata terdekat di kota tujuan. Guna mengakomodir tingginya minat pemudik untuk berlibur di kota tujuan, OYO bersama pemerintah pusat dan daerah telah berkomitmen untuk mempromosikan Desa Wisata sebagai destinasi pilihan bagi para wisatawan, salah satunya melalui akomodasi berkualitas yang sudah terstandarisasi di Desa Wisata, dan dapat secara mudah ditemukan di aplikasi OYO,” ungkap Agus.(pia)

MIXADVERT JASAPRO