Jokowi Klaim Arus Mudik Lebaran Lancar Meski Ada Antrean Panjang

JagatBisnis.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengklaim arus mudik Lebaran 2022 di berbagai daerah secara umum berjalan dengan lancar. Meski, ada antrean panjang kendaraan yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten.

“Untuk arus mudiknya saya melihat semuanya berjalan dengan baik,” kata Presiden Jokowi di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Menurut Presiden, antrean itu lantaran volume kendaraan terlalu banyak sehingga tidak sesuai dengan kapasitas dermaga dan kapal yang ada. Namun, ia dapat diatasi menambah jumlah kapal dan dermaga.

Baca Juga :   Polri: 2.945 Kecelakaan Terjadi Selama Arus Mudik

“Kapalnya sudah disiapi ditambah dari 30-an menjadi 50-an tetapi tidak cukup, tambah lagi dermaganya dua lagi baru bisa mengurangi,” kata dia.

Baca Juga :   Rekayasa Lalin Bisa Berubah Cepat, Kakorlantas Polri Minta Pemudik Pantau Medsos

Menurut Presiden, arus mudik Lebaran 2022 sesuai yang ia prediksikan sebelumnya yakni diikuti sekitar 85,5 juta jiwa dengan 23 juta kendaraan roda empat, dan 17 juta sepeda motor.

Baca Juga :   Pemudik Diimbau Kembali Lebih Awal

“Jumlah yang betul-betul sangat banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya ada yang lebih awal jangan semuanya nanti arus baliknya di hari Sabtu dan Minggu sehingga pasti terjadi titik-titik kemacetan terutama di tol maupun di jalan nasional,” tutup Jokowi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO