Sudah 595.802 Pemudik Menyebrang dari Pelabuhan Merak

JagatBisnis.com – Mendekati Lebaran, arus pemudik kian menyesaki Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak mencatat, sebanyak 595.802 orang menyeberang melalui pelabuhan itu pada Jumat (29/4).

Kapal-kapal tak henti membawa penumpang dari Pulau Jawa menuju Sumatera. Dari angka tersebut, hingga 34.690 orang di antaranya merupakan pejalan kaki.

Antrean kendaraan pun turut mengular dari pelabuhan. Sebanyak 561.112 orang merupakan penumpang yang menyeberang menggunakan kendaraan mereka.

Baca Juga :   Sukseskan Angkutan Mudik Lebaran 2022, KAI Banjir Pujian

Pelabuhan Merak juga menyebrangkan hingga 143.746 kendaraan. Moda transportasi yang paling banyak ditemukan ialah truk, yakni mencapai 21.251 kendaraan.

Selain itu, 3.758 bus dan 72.882 mobil pribadi juga telah melintas. Adapun 45.885 pemudik yang menumpangi sepeda motor untuk menyeberang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono kemudian menyampaikan pengamatan terkini. Pada Sabtu (30/4), jalur-jalur menuju arah Pelabuhan Merak masih terpantau padat.

Antusiasme masyarakat tampaknya melambung selama Lebaran 2022. Bagaimanapun juga, mereka telah mengurungkan niat mudik selama pandemi COVID-19.

Baca Juga :   DKI Siagakan 7 Terminal Bus Angkut Pemudik

Masyarakat yang telah lama tak berpulang pun menyambut kesempatan ini. Menggandeng keluarga dan menyeret koper, mereka memenuhi pelabuhan hingga terminal.

Pelabuhan Merak sendiri mendapati puncak arus mudik pada Kamis (28/4). Tetapi, Sigit menekankan, jumlah pemudik itu semakin merayap naik dari hari ke hari.

“Jalan hingga ke Pelabuhan Merak, arus mudik mengalami puncaknya sejak Kamis dan terus bertambah hingga saat ini,” jelas Sigit pada Sabtu (30/4).

Baca Juga :   Urbanisasi Meningkat, Desa Terancam Kehilangan SDM Produktif

Sigit mengakui, pihaknya menilik sejumlah permasalahan di Pelabuhan Merak. Otoritas menemukan kendala terkait koordinasi pembelian tiket, gerbang tol, hingga jumlah armada.

Dengan demikian, dia terus mengupayakan kerja sama dengan pihak ASDP agar pemudik dapat singgah di kampung halaman dengan aman.

“Namun kita ketahui peminat masyarakat yang melaksanakan mudik cukup tinggi hingga malam ini, sehingga kami selaku pengelola di jalan terus berkoordinasi dengan pihak ASDP,” tegasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO