16.000 Kendaraan Pemudik Padati Tol Sumatera pada H-4 Lebaran

JagatBisnis.com –  PT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih dari 16 ribu kendaraan yang sudah memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-4 Lebaran tahun ini.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan kepadatan lalu lintas tidak hanya terjadi pada arus mudik Tol Lampung – Palembang.

“Dari pantauan pada Kamis (28/4) malam, selain kepadatan terjadi di GT Bakauheni Selatan, kendaraan juga memadati JTTS via GT Pekanbaru sebanyak 7.825, GT Helvetia sebanyak 10.125, GT Jantho sebanyak 443 kendaraan. Sedangkan pada ruas fungsional GT Bengkulu sebanyak 819 kendaraan dan GT Bangkinang sebanyak 2.265 kendaraan,” ujar Dwi dalam keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga :   Mudik 2022, Volume Lalin di Seluruh Tol Luar Jawa Naik

Total lalin yang memasuki JTTS ini meningkat 182,3 persen atau hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan angka lalin pada periode normal.

Dwi juga memprediksi bahwa puncak arus mudik masih akan terjadi pada Jumat (29/4). Sebab pada tanggal tersebut masyarakat telah mulai cuti bersama pada tanggal tersebut. Pihak pengelola tol juga menghimbau pemudik untuk selalu berhati-hati dalam mengemudi dan jika merasa lelah dapat beristirahat sejenak di rest area yang sudah disediakan.

Baca Juga :   Ini Beberapa Faktor Kenapa Mudik Lebaran Masih Macet

“Hutama Karya menyediakan fasilitas 21 rest area dari Lampung hingga Kayu Agung dengan kapasitas parkir sebanyak 2.370 untuk kendaraan Golongan I dan 1.008 untuk kendaraan Non Golongan I,” kata Bayuaji, EVP Divisi OPT Hutama Karya Dwi Aryono.

Baca Juga :   Polresta Denpasar Libatkan Pecalang Amankan Rumah yang Ditinggal Pemudik

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Patuhi kecepatan minimum dan maksimum yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.(pia)

MIXADVERT JASAPRO