Ini Wanita Pertama Pembawa Bendera Merah Putih di Ajang SEA Games

Atlet lari gawang, Emilia Nova

JagatBisnis.com – Atlet lari gawang Emilia Nova didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 Vietnam yang akan dilaksanakan pada 12 Mei mendatang.

Emil, sapaan akrabnya, mengaku bangga karena mendapat kepercayaan tersebut di ajang bergengsi SEA Games. Bahkan pelari yang kerap menggunakan kacamata hitam ini akan menjadi wanita pertama yang membawa bendera merah putih di turnamen olahraga tersebut.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” kata peraih emas lari gawang 100 meter SEA Games 2019 itu.

Baca Juga :   Egy, Witan dan Asnawi Siap Bela Timnas Indonesia di SEA Games

Segudang prestasi yang pernah diraih atlet kelahiran Jakarta tahun 1995 itu di antaranya medali perak pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Sementara itu Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya rekam jejak dia dalam multicabang dua tahunan itu. Apalagi SEA Games tahun ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia setelah cedera.

Baca Juga :   Atlet Senam Peraih Emas PON Papua Batal ke SEA Games Vietnam

“Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry dalam siaran pers, Selasa.

Baca Juga :   Cetak Sejarah, Pertama Kalinya Timnas Basket Indonesia Raih Emas di SEA Games

Ferry menuturkan bahwa Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” tandasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO