Alami Gangguan Ereksi Coba Terapkan Ini

Ilustrasi Foto: Liputan6.com

JagatBisnis.com –  Gangguan ereksi pada pria adalah sesuatu yang tidak diinginkan karena berkaitan dengan masalah seksual. Karena itu, jalankan diet yang sehat menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah seksual tersebut.

Dokter Spesialis Urologi Konsultan Andrologi Urologi dari Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI), dr.Widi Atmoko, Sp.U (K) menjelaskan penerapan diet sehat mampu mencegah masalah seksual seperti gangguan atau disfungsi ereksi (DE).

Tanda gangguan ereksi
Gangguan ereksi ditandai ketidakmampuan seorang pria melakukan ereksi selama tiga bulan secara terus menerus dengan berbagai penyebab mulai dari penyakit diabetes hingga gaya hidup tidak sehat.

“Bukan hanya masalah seksual seperti ereksi, tetapi masalah lain seperti jantung juga harus diet sehat. Kaitannya dengan ereksi, kita harus kurangi makanan cepat saji atau fast food, kemudian meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran,” ujar dia dalam webinar “Seksualitas Pria: Suami Sehat, Istri Senang” yang diselenggarakan Eka Hospital, ditulis di Jakarta, Jumat, (29/4/2022).

Baca Juga :   Bagi Pengidap Diabetes Hindari 8 Makanan Ini

Masih menurut Widi, saran untuk para pria agar membatasi asupan kedelai karena jika berlebihan dapat menurunkan kadar androgen atau testosteron sehingga menurunkan libido.

Konsumsi kopi dan batasi minuman beralkohol
Konsumsi kopi secara teratur dikatakan berdampak baik bagi kesehatan seksual karena kopi dapat meningkatkan kadar testosteron sekaligus membantu mengatasi masalah ejakulasi dini atau prematur.

Selanjutnya, coba lakukan detoks tubuh yakni dengan membatasi minuman beralkohol karena alkohol dapat mengganggu persinyalan dalam hormon dan saraf pada kelenjar penis.

Khusus bagi pria yang suka membangun otot, sebaiknya mewaspadai steroid berlebihan. Asupan steroid yang berlebihan memang dapat meningkatkan massa otot tetapi sekaligus menurunkan efek hormon libido.

Baca Juga :   Lima Nutrisi Penting bagi Pelari saat di Bulan Ramadan

Lebih baik lagi dengan berhenti merokok. Kebiasaan merokok menimbulkan risiko impotensi sebesar 1,8-3 kali lipat.

Widi mengatakan, para pria juga sebaiknya menjaga berat badan normal. Lemak berlebihan yang umum dijumpai pada kondisi obesitas akan mengubah hormon libido atau testosteron menjadi estrogen.

“Ketika ini terjadi akan menimbulkan disregulasi atau ketidakseimbangan hormon sehingga mengakibatkan impotensi, gangguan ejakulasi dan hipogonadisme atau masalah kekurangan hormon testosteron,” paparnya.

Hal lain yang juga perlu dilakukan yakni rutin melakukan olahraga dan menghindari hidup sedenter. Gaya hidup sedenter atau tak aktif bergerak meningkatkan risiko disfungsi seksual sebesar 31 persen.

Rajin olahraga
Berbicara olahraga, menurut Widi, jenis olahraga yang baik untuk jantung seperti lari dan bersepeda juga bagus untuk fungsi seksual. Khusus untuk mereka yang suka bersepeda, sebaiknya lakukan dulu bike fitting agar postur tubuh dengan ukuran sepeda dan pedal bisa sesuai.

Baca Juga :   Hati-Hati! Alami Sariawan Lebih dari Sebulan Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

“Karena pada kondisi tidak dilakukan bike fitting dengan baik, posisinya tidak ergonomis, tekanan di daerah selangkangan cukup tinggi maka justru akan mengakibatkan masalah ereksi. Terutama bila yang suka melakukannya diatas 100 km misalnya. Harus hati-hati,” ujar Widi.

Senam kegel juga dapat dilakukan. Senam ini bisa membantu menguatkan otot dasar panggul, mengoordinasikan otot yang berperan dalam proses ereksi dan ejakulasi serta melatih kontraksi di daerah anus.

Widi menyarankan pria melakukan senam kegel 90 kali dalam sehari, yakni 30 kali pagi, 30 kali siang dan 30 kali malam hari.

Terakhir, sebaiknya penuhi kebutuhan tidur yang cukup yakni 6-9 jam. Kondisi kurang tidur atau bahkan insomnia dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron.(pia)

MIXADVERT JASAPRO