Libur Lebaran, Ganjil-Genap di Tempat Wisata Ditiadakan

JagatBisnis.com – Polda Metro Jaya meniadakan aturan ganjil-genap nomor kendaraan di tempat wisata Jakarta pada libur Lebaran 2022. Libur Lebaran berlangsung dari 29 April hingga 8 Mei 2022.

“Kami akan putuskan tidak ada ganjil-genap di tempat wisata saat libur nanti,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Sambodo menjelaskan, sejumlah tempat wisata sebelumnya memberlakukan ganjil-genap. Tempat wisata ini antara lain Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

Baca Juga :   Jalan Tol Terapkan Ganjil-Genap untuk Cegah Liburan Nataru

Adapun mengenai pembatasan jumlah pengunjung pada tempat wisata, Sambodo mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Persentase jumlah pengunjung yang akan dibatasi apakah 75 persen atau 50 persen, nanti kewenangan ada di pemprov DKI, tapi jalan menuju wisata itu enggak ada lagi ganjil genap,” ujarnya.

Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebelumnya juga telah memastikan peniadaan aturan ganjil-genap di 13 ruas jalan di Jakarta mulai 29 April hingga 8 Mei 2022.

Baca Juga :   Ini Dua Lokasi yang Diterapkan Ganjil Genap di Jakarta

Peniadaan aturan ganjil-genap mengacu kepada Pergub Nomor 88 tahun 2019 tentang pelaksanaan ganjil-genap. Pergub ini mengatur ganjil-genap tidak berlaku pada hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional.

Tercatat, ada 13 ruas jalan menerapkan ganjil genap di Jakarta yakni, Jalan M.H. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai dari Simpang Jalan Ketimun 1 hingga Simpang Jalan TB Simatupang). Selanjutnya, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S. Parman (mulai Simpang Jalan Tomang Raya sampai Jalan Gatot Subroto), Jalan Gatot Subroto, Jalan M.T. Haryono, Jalan H.R. Rasuna Said, Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Jenderal A. Yani (mulai Simpang Jalan Bekasi Timur Raya sampai Simpang Jalan Perintis Kemerdekaan), serta Jalan Gunung Sahari.(pia)

MIXADVERT JASAPRO