Sejak Awal Ramadhan, Pelabuhan Kumai sudah Dipadati Pemudik

JagatBisnis.com – Keberangkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi laut dari Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, mengalami peningkatan yang cukup signifikan

Tercatat, sebanyak 8.000 penumpang bertolak dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai dengan menggunakan kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU), sejak awal Ramadhan 1443 Hijriah.

“Total penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai menuju Surabaya dan Semarang sebanyak kurang lebih 8.000 orang,” kata Manager DLU Kumai, Agus Supriyanto.

Baca Juga :   PNS DKI yang Nekat Mudik Bawa Kendaraan Dinas, Siap-siap Kena Sanksi

Ia menjelaskan, jumlah ini masih akan bertambah seiring puncak arus mudik. Rata-rata dalam sekali keberangkatan diisi 450 orang penumpang.

“Diperkirakan untuk puncak arus mudik sendiri tanggal 28 April 2022. Saat ini rata-rata setiap keberangkatan kapal berkisar 450 orang,” tutur dia.

Baca Juga :   Mudik 2022, Volume Lalin di Seluruh Tol Luar Jawa Naik

Agus berpesan agar calon pemudik mempersiapkan dengan matang kepulangannya ke kampung halaman. Ia mengingatkan pemudik agar senantiasa menjaga kesehatan.

“Yang perlu disiapkan pada calon-calon penumpang agar merencanakan perjalannya sebaik-baiknya. Bekal ynag dibawa, kesehatannya, syarat-syarat perjalanan harus dipenuhi dan syarat lainnya,” terang dia.

Baca Juga :   H-9 Lebaran, 312 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Tidak hanya itu, dirinya juga mengimbau agar calon penumpang kapal DLU tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Hindari berdesak-desakan. Utamakan kesehatan dan keselamatan penumpang. Tetap jaga prokes dengan memakai masker,” imbau Manager DLU Kumai ini.(pia)

MIXADVERT JASAPRO