KAI Daop 1 Jakarta Siagakan Alat Material di 29 Lokasi

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 29 titik lokasi. Alat tersebut untuk menjamin keselamatan dan kelancaran operasional kereta api (KA) selama masa angkutan Lebaran, mulai dari 22 April hingga 13 Mei 2022 mendatang.
Material tersebut ditempatkan di lokasi rawan apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.

“AMUS yang disiapkan berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya. AMUS ini akan ditempatkan di lokasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan di wilayah Daop 1 Rangkas Bitung, Tanah Abang, Tanjung Priok, Pasar Senen, Manggarai, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Sabtu (23/4/2022).

Dia menjelaskan, beberapa material yang telah disiapkan antara lain batu balast 600 meter kubik, kawat bronjong, bantalan kayu, peralatan kerja serta material lainnya yang telah disiapkan di atas gerbong datar untuk penanganan darurat sewaktu-waktu. Sedangkan, di wilayahnya terdapat 12 lokasi daerah rawan banjir dan longsor, amblesan. Tapi untuk jalur lintas KA Jarak Jauh hanya terdapat 1 daerah rawan banjir, yakni di sekitar wilayah Lemah Abang.

Baca Juga :   Batu Bara Dominasi Kinerja Angkutan Barang Semester I/2022

“Untuk daerah rawan kami juga telah menyiapkan tim khusus seperti petugas flying gang. Petugas ekstra juga ditempatkan pada sejumlah wilayah untuk melakukan percepatan penanganan jika terjadi kondisi tertentu,” tambahnya.

Baca Juga :   KAI: Proyek KCJB Bwrjalan Sesuai Rencana

Dia menegaskan, secara total terdapat sekitar 1.190 petugas prasarana jalur rel dan jembatan. Selain itu, ada 179 petugas dibagian sinyal dan telekomunikasi yang disiapkan untuk mengawal angkutan Lebaran.Sementara itu, untuk kesiapan prasarana, pihaknya telat melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, KA di Sumbar Ada Layanan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat

“Di antaranya memastikan kondisi track atau jalur benar-benar dalam kondisi baik, seperti lebar jalur, kondisi bantalan, penambat rel, jembatan, wesel, batu balast, normalisasi saluran air, dan perlintasan sebidang,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO