Pemudik yang Beristirahat di Bahu Jalan Tol akan Ditindak

JagatBisnis.com – Antusias masyarakat jelang mudik lebaran 2022 diperkirakan akan meningkat. Imbasnya, potensi kemacetan arus mudik diprediksi mulai terjadi pada Kamis (28/4) sore.

Sebab itu, akan banyak para pemudik yang ingin mengambil waktu istirahat di berbagai tempat, yakni di rest area hingga bahu jalan.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan nantinya akan disiapkan personel tim urai guna melakukan tindakan bagi para pemudik yang berhenti di bahu jalan.

“Ada tim urai yang terus laksanakan patroli dan mengingatkan pemudik untuk tidak berhenti di bahu jalan,” ujar Aan pada Jumat (22/4).

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Imbau Pemudik Tidak Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Aan menegaskan apabila banyak pemudik yang akan berhenti di bahu jalan dapat berpotensi terjadinya kemacetan hingga mengakibatkan kecelakaan.

Untuk itu, Aan mengimbau kepada para pemudik agar mencari tempat yang aman jika ingin berhenti sejenak untuk beristirahat.

“Pemudik tidak berhenti di bahu jalan, karena akan berakibat pelambatan dan berbahaya,” tegasnya.

“Mengimbau keluar exit tol terdekat untuk istirahat,” pungkasnya.

Baca Juga :   6 Hari Jelang Lebaran, Penumpang Kereta Api Siliwangi di Cianjur Melonjak

Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, menyebut masyarakat yang akan mudik lebaran diprediksi akan berlangsung mulai 28 April 2022.

Sedangkan puncak mudik juga diprediksi akan terjadi pada Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4).
“Dimulai hari Kamis [28 April] sore dan prediksi puncaknya Jumat sama Sabtu,” kata Eddy pada  Kamis (14/4).

Eddy mengatakan, kepadatan lalu lintas akan terjadi saat melakukan tapping di gate Tol. Ia juga menjelaskan, penyebab kemacetan juga bisa terjadi karena perilaku pemudik hingga terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga :   Kemenhub Gelar Mudik Gratis

“Kepadatan dimungkinkan ada di gate tol karena orang akan tap kartu tol,” ungkapnya.

“Exit yang akan masuk ke jalur arteri, bottle neck, rest area, pertemuan arus lalin, kendaraan yang mogok, perilaku pengemudi dan laka lantas,” tambahnya.

Untuk itu, Eddy berharap saat arus mudik dan balik lebaran 2022 ini, masyarakat dapat pulang ke kampung halamannya dengan aman dan nyaman.

“Semoga enggak ada kemacetan ya,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO