Ganjar Pranowo Imbau Pemudik Tidak Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

JagatBisnis.com –  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau agar para pemudik tidak menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Ia menyarankan sebaiknya masyarakat mudik menggunakan transportasi umum.

Ganjar menjelaskan, dari beberapa survei yang dilakukan, akan terjadi ledakan angka pemudik tahun ini mencapai 9 juta pemudik.

“Siap gak siap kan harus siap, hanya kayanya besok akan terjadi ledakan pemudik yang cukup tinggi. Kalau pengalaman dulu kan tertinggi sampai 9 jutaan ya, ini mungkin bisa lebih,” kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis (21/4).

Baca Juga :   Pemudik yang Beristirahat di Bahu Jalan Tol akan Ditindak

“Tapi sekarang disediakan sudah bus mudik gratis, sehingga mereka kita harapkan mereka lebih aman dan nyaman sampai rumah,” lanjut Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengaku sudah berbicara kepada PT Kereta Api Indonesia untuk tidak mengangkut sepeda motor pada perjalanan mudik.

Baca Juga :   Ini Titik Rawan Macet di Jateng saat Masa Mudik Lebaran 2022

Ganjar menyarankan kendaraan roda dua diangkut menggunakan kapal laut seperti pada periode mudik sebelum-sebelumnya.

“Maka seluruh matra perhubungan kita minta untuk siaga. Kaya kereta api kita anjurkan untuk tidak membawa sepeda motor. Angkut saja dengan kapal seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan, provinsi lain yang akan melepas pemudik juga mendukung kebijakan vaksinasi booster ini. Sehingga, vaksin booster menjadi wajib bagi mereka yang ingin mudik.

Baca Juga :   Ini Alasan Ganjar Kenapa Desa Wadas Dijadikan Tambang Andesit

“Sekarang kita kasih model yang daftar sudah booster apa belum? Maka kita coba kerja sama umpama Jakarta. Terus dapat laporan Bandung, yang Sumatera Utara juga,” kata Ganjar.

“Kalo kerja sama ini bisa dilakukan, akan membantu masyarakat yang mudik sudah dibooster,” tutup dia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO