Saat Mudik, Waktu Istirahat di Rest Area Tol Dibatasi Hanya 30 Menit

JagatBisnis.com –  Lebaran tahun ini, diprediksi hampir 80 juta orang akan melakukan perjalanan mudik. Dari jumlah prediksi itu, hampir 40 juta di antaranya memilih menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini tentunya berpotensi menimbulkan kemacetan di jalan tol dan juga kepadatan pengunjung di rest area tol. Untuk itu, Jasa Marga akan membatasi durasi pemudik yang mengunjungi rest area pada musim mudik Lebaran 2022. Waktu untuk lama berada di rest area sudah disepakati adalah 30 menit.

Baca Juga :   6 Hari Jelang Lebaran, Penumpang Kereta Api Siliwangi di Cianjur Melonjak

Direktur Operasional Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan, waktu yang singkat tersebut tentunya tidak bisa diprediksi dengan waktu yang diperlukan untuk menghidangkan makanan ketika pemudik hendak makan di rest area. Pembatasan tersebut agar tidak terjadi kerumunan di rest area pada masa mudik Lebaran. Karena dari prediksi jumlah pemudik pada tahun ini akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan periode mudik tahun 2019.

“Oleh sebab itu, kami akan mengimbau kepada pemilik warung makan di rest area untuk selalu sedia makanan untuk para pemudik. Sehingga, tidak memakan banyak waktu untuk sekadar menunggu hidangan disajikan. Makanya, kami menyiapkan seluruh pelayan makanan dan minuman untuk menyiapkan package atau makanan yang siap untuk dihidangkan kepada para pemudik,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga :   Diprediksi Ada 1,4 Juta Orang Mudik Lebaran Naik Kapal Laut

Dia menjelaskan, kesiapan jalan tol saat ini sudah mantap. Sehingga sudah siap dan nyaman digunakan para pemudik. Berdasarkan prakiraan, jumlah pemudik tahun ini akan lebih banyak 26,03 persen dibanding tahun 2019. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO