Anggaran Stimulus UMKM Tahun Ini Ditarget Capai Rp500 Triliun

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

JagatBisnis.com – Pemerintah menargetkan anggaran stimulus bagi UMKM sepanjang 2022 mencapai Rp500 triliun. Hingga pekan ini, realisasinya mencapai Rp112 triliun. Sebelumnya, alokasi anggaran stimulus UMKM ditargetkan sebesar Rp400 triliun sepanjang tahun ini.

“Presiden Jokowi menargetkan 40 persen dari APBN yang diperuntukkan bagi kementerian dan lembaga (K/L) sebesar Rp526 triliun per tahun dialokasikan ke sektor UMKM,” Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Selasa (19/4/2022).

Teten menjelaskan, komitmen belanja produk UMKM dari kementerian dan kembaga hingga saat ini sudah berada dikisaran lebih dari Rp400 triliun dari total Rp500 triliun. Meski begitu, realisasinya baru mencapai Rp112 triliun dan ditargetkan hingga akhir April nanti bisa naik signifikan.

Baca Juga :   MenKopUKM: Kualitas Produk Kecantikan Brand Lokal Tidak Kalah Dari Produk Impor

“Diharapkan akhir bulan ini yang ditargetkan Pak Presiden bisa mencapai realisasi maksimum,” ungkap dia.

Baca Juga :   MenKopUKM: Transisi Usaha Menuju Ekonomi Hijau Berikan Peluang Bisnis yang Besar

Teten mencatat, belanja KL yang difokuskan pada belanja produk dalam negeri akan meningkatkan optimisme market di Tanah Air. Upaya ini sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022. Presiden memang menegaskan pertumbuhan ekonomi akan mudah meningkat.

Baca Juga :   Kerajinan Batu dan Kayu Fosil Tulungagung Sukses Dilirik Pasar Global

“Apabila pemerintah konsisten mengganti produk impor dengan membeli produk dalam negeri. Maka, upaya ini juga membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas,” tegas Teten. (eva)

MIXADVERT JASAPRO