Jelang Lebaran, Warga Miskin Terima Bansos Rp900 Ribu

JagatBisnis.com – Pemerintah akan mencairkan dua bantuan sosial (bansos) sekaligus untuk 3 bulan jelang Lebaran. Dengan demikian, total bantuan yang diberikan Rp900 ribu per penerima. Adapun kedua bansos yang dirapel pencairannya itu adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng. Penyaluran dua bansos ini nantinya dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

“Untuk tiga bulan ke depan diberikan untuk April sekaligus sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami kontraksi yang berlebihan. Segera kami bantu terutama untuk menyambut Idul Fitri,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2022).

 

Baca Juga :   Warga Depok Digegerkan Temuan Timbunan Bansos Presiden

dia menjelaskan, besaran BLT minyak goreng adalah Rp100 ribu per bulan selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2022. Artinya, rapel pencairan BLT Minyak Goreng nantinya sebesar Rp300 ribu. Sementara itu, besaran bansos BPNT sebesar Rp200 ribu per bulan sehingga pencairan total Rp600 ribu. Alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya.

Baca Juga :   KPK Temukan Data Bermasalah Terkait Bansos DKI

“Untuk itu, kami meminta agar penyaluran bansos ini tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu yang mengambil keuntungan sepihak. Karena ini adalah untuk mereka yang tidak mampu. Jadi jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu. Itu sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama maupun peraturan undang-undang. Kami juga berharap penyaluran bansos berjalan lancar dan bisa selesai sebelum masa libur hari Lebaran. Karena kalau penyaluran ini bisa dilakukan, maka apa yang menjadi target dari pemerintah akan terpenuhi,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO