Dorong Produk Halal, BSI Meriahkan Istiqlal Halal Expo 2022

JagatBisnis.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI terus berupaya mendorong produk halal di Indonesia, Salah satunya melalui Istiqlal Halal Expo 2022 dengan program Gerakan Beli Produk Halal Indonesia. Karena sudah menjadi kewajibannya sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, untuk tidak hanya bekerja dari sisi komersial, melainkan juga untuk menggerakkan dan menjadi penyelenggara dari pengelolaan dana social.

Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna mengatakan sudah menjadi hal yang wajar dan wajib sebenarnya dari bank syariah manapun di negeri ini untuk ikut menjadi stakeholder utama dari penyelenggaraan acara seperti ini. Selain itu, pihaknya juga sedang menggalakkan masjid untuk bisa masuk ke dalam ekosistem perbankan. Dalam hal ini, pihaknya melihat adanya potensi yang cukup besar dari sisi masjid.

“Kami memandang, masjid tidak hanya berpotensi pada uang, seperti dana pengelolaan masjid, zakat, infak, sedekah, haji, maupun kurban, melainkan juga untuk menyelesaikan permasalahan yang paling mendasar, yaitu dengan mengembangkan industri syariah yang langsung berhubungan dengan industri halal, yakni terkait dengan literasi. “Problem utama kita di perbankan syariah salah satunya adalah literasi. Saya yakin di industri halal juga sama problem utamanya adalah literasi,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2022).

Baca Juga :   Tabungan Anak BSI Meningkat Hingga 22,96 Persen

Anton mengungkapkan, angka literasi dengan penetrasi untuk syariah relatif berhimpitan dan saling tipis. Karena saat masyarakat membeli produk syariah dan mempunyai keyakinan tentang hal itu, masyarakat cenderung bertanya. Sementara untuk produk yang tidak berkaitan dengan syariah atau non halal, masyarakat cenderung abai dan tidak mempertanyakan hal itu. Dengan begitu, pihaknya menilai dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka sudah menjadi bagian yang paling fundamental karena berkaitan dengan siar perbankan syariah, siar ekonomi syariah, dan siar produk halal.

Baca Juga :   BSI Gandeng Kimia Farma Luncurkan EDC dan QRIS di Aceh

“Kami yakin dengan siar yang berkaitan dengan produk halal meluas, maka itu berdampak pada kesadaran masyarakat dalam membeli produk juga meningkat. Karena salah satu yang paling kita idam-idamkan adalah negera ini bisa menjadi negera yang sebagai produsen produk-produk halal terkemuka di dunia, bahkan mungkin nomor satu,” tegasnhya.

Baca Juga :   BSI Salurkan Pembiayaan Otomotif Senilai Rp50 Miliar

Dia menjelaskan, dalam mendukung acara ini, pihaknya telah menyediakan beragam booth kegiatan yang berkaitan dengan penyimpanan dana di perbankan syariah, biaya perbankan syariah, hingga kerja sama dengan penyedia seperti kendaraan maupun perumahan. Di samping itu, pemerintah juga telah mendukung pemberian akses permodalan dan pemberdayaan UMKM khususnya kepada para pelaku usaha perempuan. Bentuk dukungan tersebut berupa Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang dilakukan oleh BLU Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP).

“Selain itu, pembiayaan UMi juga memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha ultra mikro termasuk pelaku usaha perempuan seperti pendampingan pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO