Alami Kecelakaan, Kapal Tanker Chuang Yi Meledak di Perairan Hongkong

JagatBisnis.com – Kapal tanker Chuang Yi berbendera Panama mengalami kecelakaan di perairan Hongkong, Sabtu (16/4/2022). Terungkap, ada lima Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia di kapal yang terbakar dan meledak tersebut.

“Lima korban warga negara Indonesia (WNI) selamat dan dalam perawatan rumah sakit setempat. Identitas kru WNI berinisial JA,AS,BS,MM, dan RS,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuam Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Joedha Nugraha dalam keterangan tertulis, Minggu malam (17/4/2022).

Joedha menjelaskan, lokasi kecelakaan kapal Chuang Yi tepatnya di perairan 300 Kilometer Timur Hong Kong.

Baca Juga :   Miris, Pekerja Migran asal Cianjur Pulang dari Dubai dalam Kondisi Lumpuh

Menurut Joedha, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong berkoordinasi dengan otoritas keselamatan maritim Hong Kong. Seluruh kru korban ledakan kapal Chuang Yi telah dibawa ke Queen Marry Hospital dan Pamela Youde Hospital Hongkong.

Baca Juga :   Hendak Mendarat, Pesawat Kargo Asian One Air Ditembaki

KJRI Hong Kong terus menjalin berkomunikasi dengan pihak otoritas terkait Hong Kong untuk memberikan pendampingan yang maksimal kepada WNI kru kapal dan memastikan upaya medis yang optimal bagi perawatan kru WNI,” terang Joedha.

Baca Juga :   Dikabarkan Hilang, Gadis 16 Tahun Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Dia memastikan, Kemlu RI juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan guna menelusuri data keluarga dan usaha keagenan awak kapal yang memberangkatkan para ABK WNI.

Kapal tanker Chuang Yi mengangkut minyak dan bahan kimia. Kapal sedang menuju ke Taiwan saat terjadi ledakan.(pia)

MIXADVERT JASAPRO