Polisi Israel Serang Al-Aqsa, Ratusan Warga Palestina Terluka

JagatBisnis.com – Bentrokan terjadi antara warga Palestina dengan polisi Israel di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada hari Jumat, ketika ribuan orang berkumpul untuk salat selama bulan suci Ramadhan. Petugas medis mengatakan lebih dari 150 warga Palestina terluka dalam kekerasan paling serius di lokasi itu dalam hampir satu tahun.

Yerusalem adalah tempat suci yang disakralkan bagi orang Yahudi dan Muslim, sering menjadi pusat kerusuhan Israel-Palestina. Ketegangan saat ini telah meningkat di tengah gelombang kekerasan baru-baru ini. Bentrokan di lokasi itu tahun lalu membantu memicu perang 11 hari dengan para pejuang militan Hamas di Jalur Gaza.

Bentrokan datang pada waktu yang sangat sensitif. Ramadhan tahun ini bertepatan dengan Paskah, hari libur utama Yahudi selama seminggu yang dimulai pada hari Jumat saat matahari terbenam, dan pekan suci umat Kristen, yang berpuncak pada hari Minggu Paskah. Liburan diharapkan membawa puluhan ribu umat beriman ke Kota Tua Yerusalem, rumah bagi situs-situs utama yang suci bagi ketiga agama.

Beberapa jam setelah bentrokan dimulai, polisi mengatakan mereka telah mengakhiri kekerasan dan menangkap “ratusan” tersangka. Masjid dibuka kembali, dan sekitar 60.000 orang menghadiri salat Jumat utama tengah hari, menurut wakaf Islam yang mengelola situs tersebut.

Setelah shalat, ribuan warga Palestina berbaris di sekitar lapangan, meneriakkan “Dengan jiwa kami, dengan darah kami, kami berkorban untuk Anda, Al-Aqsa,” di samping slogan-slogan untuk mendukung Hamas, kelompok militan Islam yang menguasai Gaza. Beberapa membawa bendera Palestina dan Hamas.

Pihak berwenang Israel mengatakan bahwa sebelum kekerasan pecah mereka telah mengadakan negosiasi dengan para pemimpin Muslim untuk memastikan ketenangan. Namun polisi mengatakan warga Palestina menimbun batu dan benda lain di dalam kompleks dan melemparkan batu ke Gerbang Mughrabi, yang mengarah ke Tembok Barat–situs suci utama Yahudi – yang menurut polisi memicu kekerasan.

Baca Juga :   Kisah Seorang Wartawan Al Quds, 4 Kali Masuk Penjara Israel

Saksi Palestina, yang berbicara dengan syarat anonim karena masalah keamanan, mengatakan sekelompok kecil warga Palestina melemparkan batu ke arah polisi. Polisi kemudian merangsek memasuki kompleks masjid dengan paksa, memicu kerusuhan yang lebih luas. Warga Palestina melihat pengerahan besar-besaran polisi di Al-Aqsa itu sebagai provokasi.

Warga Palestina melemparkan batu dan kembang api, dan polisi menembakkan gas air mata dan granat kejut ke lapangan luas yang mengelilingi masjid. Sekelompok besar warga Palestina membarikade diri mereka di dalam masjid saat mereka melawan pasukan keamanan Israel.

Polisi Israel kemudian memasuki masjid dan menangkap orang-orang di dalamnya. Pasukan keamanan Israel jarang memasuki masjid yang terlarang, dan ketika mereka melakukannya, itu dilihat oleh warga Palestina sebagai eskalasi besar.

Layanan darurat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan telah merawat 152 orang, banyak dari mereka terluka oleh peluru berlapis karet atau granat kejut, atau dipukul dengan tongkat. Wakaf mengatakan salah satu penjaga di lokasi ditembak di mata dengan peluru karet.

Polisi Israel mengatakan tiga petugas terluka akibat “lemparan batu besar-besaran,” dengan dua dievakuasi dari tempat kejadian untuk perawatan.

Yordania, tetangga yang memiliki perwalian atas situs suci, dan Otoritas Palestina mengeluarkan pernyataan bersama, menuduh Israel “eskalasi berbahaya dan terkutuk yang mengancam untuk meledakkan situasi.”

Menteri Keamanan Nasional Israel, Omer Barlev, yang mengawasi kepolisian, mengatakan Israel “tidak tertarik” dalam kekerasan di tempat suci itu tetapi polisi terpaksa menghadapi “elemen kekerasan” yang menyerang mereka dengan batu dan batangan logam. Dia mengatakan Israel berkomitmen untuk kebebasan beribadah bagi orang Yahudi dan Muslim.

Baca Juga :   Partai Arab Ancam Keluar dari Koalisi PM Israel Buntut dari Serangan Al-Aqsa

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, berbicara pada pertemuan liburan dengan pejabat keamanan, mengatakan pihak berwenang “bekerja untuk menenangkan keadaan di Temple Mount dan di seluruh Israel. Pada saat yang sama, kami siap untuk skenario apa pun.”

Masjid Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Itu dibangun di puncak bukit di Kota Tua Yerusalem yang merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya sebagai Temple Mount karena itu adalah situs kuil Yahudi di zaman kuno. Ini telah menjadi titik nyala utama bagi kekerasan Israel-Palestina selama beberapa dekade dan merupakan pusat dari intifada, atau pemberontakan Palestina 2000-2005.

Israel merebut Yerusalem timur, rumah bagi Al-Aqsa dan situs suci utama lainnya, dalam perang 1967 dan mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Palestina ingin bagian timur kota itu menjadi ibu kota negara merdeka di masa depan termasuk Tepi Barat dan Gaza, yang juga direbut Israel selama perang hampir 55 tahun lalu.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir menyusul serangkaian serangan oleh warga Palestina yang menewaskan 14 orang di dalam wilayah Israel. Israel telah melakukan gelombang penangkapan dan operasi militer di Tepi Barat yang diduduki, memicu bentrokan dengan warga Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang anak berusia 17 tahun meninggal Jumat pagi karena luka yang diderita selama bentrokan dengan pasukan Israel di kota Jenin, Tepi Barat, sehari sebelumnya.

Sedikitnya 25 warga Palestina telah tewas dalam gelombang kekerasan baru-baru ini, menurut hitungan Associated Press, banyak dari mereka telah melakukan serangan atau terlibat dalam bentrokan, tetapi juga seorang wanita tak bersenjata dan seorang pengacara yang tampaknya telah dibunuh oleh kesalahan.

Baca Juga :   Seorang Penduduk Palestina di Tepi Barat Ditembak Mati Tentara Israel

Protes dan bentrokan selama berminggu-minggu di dalam dan sekitar Al-Aqsa selama Ramadhan tahun lalu akhirnya memicu perang Gaza keempat antara Israel dan Hamas. Tahun ini, Israel telah mencabut pembatasan dan mengambil langkah lain untuk mencoba dan menenangkan ketegangan menjelang Ramadhan, tetapi serangan dan serangan militer telah membawa siklus kerusuhan lainnya.

Hamas mengutuk apa yang dikatakannya sebagai “serangan brutal” terhadap jamaah di Al-Aqsa, dengan mengatakan Israel akan menanggung “semua konsekuensinya.”

Awal pekan ini, Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza telah meminta warga Palestina untuk berkemah di masjid Al-Aqsa selama akhir pekan. Orang-orang Palestina telah lama khawatir bahwa Israel berencana untuk mengambil alih situs atau membaginya.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka berkomitmen untuk mempertahankan status quo, tetapi dalam beberapa tahun terakhir kelompok besar nasionalis dan agama Yahudi telah secara teratur mengunjungi situs tersebut dengan pengawalan polisi.

Sebuah kelompok Yahudi radikal baru-baru ini meminta orang-orang untuk membawa hewan ke situs untuk mengorbankan mereka untuk Paskah, menawarkan hadiah uang tunai bagi mereka yang berhasil atau bahkan mencoba. Polisi Israel bekerja untuk mencegah kegiatan seperti itu, tetapi seruan itu diedarkan secara luas oleh warga Palestina di media sosial, bersama dengan seruan bagi umat Islam untuk mencegah pengorbanan apa pun terjadi.

Rabi Shmuel Rabinowitz, rabi Tembok Barat, mengeluarkan pernyataan yang menyerukan para pemimpin Muslim untuk bertindak menghentikan kekerasan. Ia juga mencatat bahwa “membawa korban ke Bukit Bait Suci hari ini bertentangan dengan keputusan kepala Rabbinat Israel.”(pia)

MIXADVERT JASAPRO