Diprediksi Ada 1,4 Juta Orang Mudik Lebaran Naik Kapal Laut

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, orang yang bepergian menggunakan transportasi laut bisa mencapai 1,4 juta penumpang pada musim mudik lebaran 1433 Hijriah. Prediksi tersebut naik sebanyak 234 persen dari tahun 2021 di masa pandemi.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt Mugen S Sartoto mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan angkutan laut Lebaran tahun 1443H/2022 untuk memastikan pelayanan mudik lebaran tahun 1443 H/2022 yang sehat dan nyaman. Sedangkan untuk mengantisipasi peningkatan penumpang tersebut, pihaknya telah menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.186 unit dengan kapasitas 2,46 juta orang penumpang.

Dia menjelaskan, sejumlah langkah stategis yang dilakukannya dalam menyediakan angkutan lebaran 2022, antara lain memastikan kesiapan armada, penerapan protokol kesehatan, penyesuaian rute dan jadwal kapal kegiatan posko dan monitoring bersama Instansi di pelabuhan, serta kemudahan pembelian tiket secara online.

Baca Juga :   Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo Garapan Brantas Abipraya, Lulus Uji Sandar Kapal Perdana

“Kami menginstruksikan kepada para Kepala UPT juga harus menyediakan alat pemeriksaan kesehatan, fasilitas vaksin, tempat isolasi sementara, memastikan seluruh petugas dalam keadaan sehat dengan melakukan pemeriksaan rutin, seluruh penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan membuat contingency plan jika terjadi hal-hal yang darurat,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO