Ekbis  

Dukung Pemberdayaan UMKM, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan BPS dan PT Pos Indonesia

JagatBisnis.com –  Dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, aktivitas ekspor menunjukkan dampak positif. Guna mendukung pertumbuhan ekspor di daerah khususnya kegiatan ekspor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Bea Cukai bersinergi dengan Kantor Pos dan Badan Pusat Statistik (BPS) daerah setempat.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa dalam mendukung pemberdayaan UMKM nasional, Bea Cukai Kota Baru melakukan koordinasi dengan BPS Kabupaten Kotabaru, Senin (21/03). Hal yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu mengenai dukungan Bea Cukai dalam pembentukan kolaborasi layanan insentif bagi UMKM di Kabupaten Kotabaru. Dalam program pemberdayaan UMKM, Bea Cukai telah menyediakan layanan bantuan melalui Klinik Ekspor dan asistensi pada pelaku usaha. Selain itu, pelaku UMKM dapat memanfaatkan fasilitas fiskal dan prosedural untuk layanan ekspor dan impor.

Menindaklanjuti hasil koordinasi dengan BPS Kabupaten Kotabaru, selanjutnya Bea Cukai Kotabaru melaksanakan kunjungan ke Kantor Pos Kotabaru, Rabu (23/03). Pertemuan ini membahas produk layanan yang diberikan Kantor Pos Kotabaru kepada pengguna jasa yang membutuhkan layanan pengiriman dengan volume dan jumlah yang besar. “Kami mendukung sepenuhnya layanan pos ekspor yang diberikan oleh Kantor Pos Kotabaru. Selain cocok dengan skala UMKM yang ada, kemudahan layanan tentu sangat memudahkan UMKM memasarkan produknya ke mancanegara,” imbuh Hatta.

Baca Juga :   Bea Cukai Bahas Pemulihan Ekonomi Nasional Bersama Pemerintah Provinsi  

Sejalan dengan Bea Cukai Kotabaru, Bea Cukai Bengkulu turut melakukan koordinasi dan kerja sama dengan BPS Kota Bengkulu, Selasa (22/03). Sinergi antara Bea Cukai dan BPS bertujuan untuk melakukan pertukaran data dan informasi terkait pemberdayaan peran UMKM yang berorientasi ekspor. Jalinan sinergi antar instansi diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga :   Bea Cukai di Jateng dan DIY Gelar Sosialisasi Ketentuan Cukai

Hatta menambahkan bahwa sinergi dengan PT Pos Indonesia juga dilakukan oleh Bea Cukai Batam, Jumat (25/03). Kota Batam merupakan kantor cabang utama PT Pos Indonesia yang membawahi area Provinsi Kepulauan Riau, untuk itu PT Pos Indonesia perlu menyesuaikan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang mereka miliki. “Bea Cukai Batam berupaya mendukung proses bisnis PT Pos Indonesia melalui Batam Logistic Ecosystem (BLE), yaitu pelaksanaan penataan ekosistem logistik di Kawasan Bebas Batam. Penataan ekosistem tersebut meliputi simplifikasi proses bisnis dan layanan, kolaborasi sistem layanan dan logistik, serta kemudahan transaksi pembayaran penerimaan negara,” terang Hatta.

Baca Juga :   Dukung UMKM Go Export, Bea Cukai Berikan Pelatihan Ekspor

Hatta mengungkapkan bahwa untuk memajukan industri dan perekonomian dalam negeri diperlukan lebih banyak sinergi dan kolaborasi. Melalui sinergi antarinstansi ini, harapannya dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya perekonomian nasional.(srv)

MIXADVERT JASAPRO