Pandemi, 7 dari 10 Gen Z Rasakan Gejala Depresi

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak kepada seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya kesehatan mental. Hal itu terbukti dari survei yang dilakukan American Psychological Association (APA). Survei tersebut menunjukkan, kelompok usia muda, gen Z adalah yang paling terpukul lantaran pandemi Covid-19. Dari survei APA tahun 2020, tercatat 7 dari 10 gen Z yang berusia 18 hingga 23 tahun mengalami gejala-gejala depresi selama pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Demi Bertahan Hidup, Pengemudi Taksi di Thailand Tanam Sayur di Atap Mobil

Psikolog Mazdha Ariefriyendho mengatakan, ternyata sejak tahun 2018 risetnya menunjukkan gen Z sudah banyak yang mengalami gangguan kesehatan mental. Karena ada beberapa faktor yang menyebabkan kelompok usia muda tersebut rentan mengalami gejala depresi. Hal ini terkait dengan support system atau orang terdekat dari gen Z itu sendiri.

“Masalahnya, orang terdekat dari anak-anak usia 18 hingga 20-an itu bukan lagi orangtuanya, tapi temannya. Apalagi, kondisi ini, ditambah pandemi Covid-19 sehingga membuat mereka sulit bersosialisasi atau terhubung dengan teman-teman,” kata Mazdha seperti dikutip dari kanal YouTube dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Senin (11/4/2022).

Baca Juga :   Selama Pandemi, Angka Kejahatan Meningkat

Dia menjelaskan, bahayanya jika kepribadiannya ekstrovert yang membutuhkan energi dari berkumpul sama teman-teman, terus disuruh di rumah saja. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres agar tidak berkembang menjadi gangguan kesehatan mental yang lebih serius. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan tenaga profesional.

Baca Juga :   Kota Depok Hapus Denda Keterlambatan Bayar PBB di Tengah Pandemi

“Oleh karena itu, masalah kesehatan mental sekecil apa pun tidak boleh disepelekan. Karena nantinya bukan hanya mengalami depresi tapi juga bisa mengalami menjadi orang yang pesimis,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO