Ekbis  

Jalin Sinergi, Bea Cukai Perkuat Pengawasan di Wilayah Daratan dan Perairan

JagatBisnis.com – Sebagai institusi pemerintah yang memiliki fungsi community protector, Bea Cukai berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya. Mendukung hal tersebut, perlu adanya sinergi antarinstansi penegak hukum agar manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab dapat terwujud.

“Kegiatan pengawasan pada unit vertikal Bea Cukai tetap berjalan di bulan Ramadan, seperti halnya yang dilakukan oleh Bea Cukai Kanwil (Kantor Wilayah) Sumbagtim yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam operasi patroli laut gabungan melalui kegiatan Customs on The River (COTR). Kegiatan berlangsung di sepanjang Sungai Musi sampai dengan Tanjung Api-Api,” ungkap Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Hatta menambahkan bahwa selain melakukan operasi gabungan dengan BNN, Bea Cukai Kanwil Sumbagtim juga melakukan kunjungan ke markas Kodam II/Sriwijaya. Kunjungan ini sebagai upaya koordinasi pengawasan dan penguatan sinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mencegah peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya di wilayah Sumatra Bagian Timur.

Baca Juga :   Ini Kata Bea Cukai tentang Registrasi Kepabeanan dan Pemblokiran Akses Kepabeanan

Sejalan, Bea Cukai Kanwil Khusus Papua juga melaksanakan kunjungan ke Pasukan Marinir (Pasmar) 3 Sorong, Kamis (07/04). Sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kerja sama terhadap pembangunan Zona Integritas Kanwil Khusus Papua, Bea Cukai Kanwil Khusus Papua memberikan piagam penghargaan kepada Pasmar 3 Sorong. “Kami berharap sinergi dapat terjalin dengan baik sehingga mampu meningkatkan komitmen dan langkah nyata mewujudkan pembangunan yang solid dan bertanggung jawab,” jelas Hatta.

Baca Juga :   Bea Cukai Dongkrak Penerimaan Negara Lewat Kegiatan Ekspor di Berbagai Daerah

Selain itu, bentuk sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) juga diwujudkan melalui bimbingan teknis antara Bea Cukai Kanwil Jakarta dengan BNN Provinsi Jakarta, Kamis (31/03). Peserta kegiatan merupakan pegawai unit Penindakan dan Penyidikan (P2) di lingkungan Kanwil Jakarta. Bimbingan teknis ini sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyelundupan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga :   Tinjau Fasilitas Ekspor, Bea Cukai Bandar Lampung Kunjungi Produsen dan Eksportir Buah

“Melalui berbagai sinergi pengawasan baik di wilayah daratan dan perairan, kami berharap dapat menciptakan rasa aman bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, menjalin hubungan baik merupakan cerminan positif penegak hukum kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkas Hatta.(srv)

MIXADVERT JASAPRO