Solar Subsidi Rembes ke Perusahaan Tambang, Pemerintah Bakal Tindak Tegas

JagatBisnis.com – Pemerintah mengambil langkah tegas bagi siapa pun yang menyelewengkan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Tindakan itu dilakukan untuk mengendalikan penjualan BBM subsidi, terutama solar. Karena BBM bersubsidi harus terus diawasi sehingga peruntukannya sesuai dengan yang sudah diamanatkan. Sehingga subsidi ini dapat dipergunakan untuk membangun ekonomi negara.

“Kami akan mendisplinkan itu, terutama truk-truk dari perusahaan tambang. Kami juga akan mengimbau mereka untuk tidak menggunakan BBM subsidi. Jika tidak dihiraukan akan kami berikan tindakan tegas,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangannya, Sabtu (9/4/2022).

Arifin menjelaskan, Pertamina juga mulai membagikan dan mewajibkan pembelian solar bersubsidi dengan kartu kendali. Nantinya, kartu kendali akan digunakan untuk mencatat pembelian solar bersubsidi. Pada kartu tersebut tercantum nomor polisi kendaraan dan jenis kendaraan.

Baca Juga :   Solar Bersubsidi Kembali Ditemukan di Gudang Penyimpanan Sukabumi

“Setiap pembelian solar bersubsidi di SPBU, petugas akan mencatat jenis kendaraan, nomor polisi, serta jumlah pembelian. Melalui kartu kendali itu diharapkan mampu mendistribusikan BBM bersubsidi tepat sasaran.

Baca Juga :   Penyelewengan Solar Subsidi akan Ditindak Tegas

Langkah lain yang ditempuh, lanjutnya, dengan melakukan pengaturan jam pelayanan solar bersubsidi di SPBU serta pelarangan adanya antrean sebelum jam pelayanan tersebut. Bila terdapat penyelewengan solar bersubsidi, maka penertiban pelaku penyelewengan akan ditindak secara tegas oleh pihak kepolisian atau dinas perhubungan dan akan memberikan sanksi kepada operator maupun penyalur.

Baca Juga :   Solar Bersubsidi Kembali Ditemukan di Gudang Penyimpanan Sukabumi

“Upaya lainnya adalah melakukan monitoring stok BBM melalui command center, koordinasi Pertamina dengan penegak hukum dan pemerintah daerah. Pertamina juga telah membentuk satgas Ramadhan & Idul Fitri (RAFi) dan menyiapkan berbagai layanan tambahan, berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO