Ekbis  

Manfaatkan Fasilitas Kawasan Berikat, Dua Perusahaan di Yogyakarta Laksanakan Ekspor

JagatBisnis.com – Hasil produksi industri dalam negeri kembali banjiri pasar internasional, setelah dua perusahaan di Yogyakarta memanfaatkan fasilitas kawasan berikat dan berhasil melaksanakan ekspor ke Amerika Serikat dan Austria.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang, pada Kamis (07/04) mengatakan pihaknya melayani PT Marvel Sports International mengekspor ribuan karton sarung tangan produksinya ke Amerika Serikat (AS). Sebanyak tiga belas ton barang ekspor tersebut berangkat dari pabriknya di Bantul pada tanggal 24 Maret 2022 dengan menggunakan dua kontainer. Selanjutnya, melalui Pelabuhan Tanjung Emas, kedua kontainer itu berangkat menggunakan kapal laut menuju AS pada 29 Maret 2022.

“Kegiatan ekspor perusahaan kawasan berikat ini telah menyumbang devisa negara sebesar 428.759 USD atau senilai 6,1 miliar rupiah. PT Marvel Sports International merupakan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat dan sejak tahun lalu telah menjadi perusahaan kawasan berikat (kaber) mandiri. Meskipun telah menjadi kaber mandiri, pengawasan tetap kami lakukan dengan berbasis manajemen risiko serta memanfaatkan teknologi dan informasi,” ujar Hengky.

Baca Juga :   Satgas Operasi Bea Cukai – Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu Lebih dari 100 Kg

Dengan menjadi perusahaan Kaber Mandiri, maka penandatanganan dokumen, pengawasan stuffing, dan penyegelan kontainer tidak lagi dilaksanakan oleh pegawai Bea Cukai melainkan dilakukan sendiri oleh perusahaan. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh liaison officer yang merupakan perwakilan pengusaha kawasan berikat pada kawasan berikat mandiri.

“Fasilitas ini telah memudahkan perusahaan untuk pemasukan dan pengeluaran barang dengan cepat tanpa tergantung keberadaan petugas. Selain itu, efisiensi biaya-biaya yang tidak perlu akibat menunggu proses layanan juga menjadi manfaat yang tidak dapat dipungkiri,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kabar Baik! Berlakunya Pengakuan Timbal Balik AEO dengan Korea Berikan Banyak Tambahan Manfaat untuk Perusahaan AEO Indonesia

Perusahaan lain yang menerima fasilitas kawasan berikat dan telah melaksanakan ekspor adalah PT Busanaremaja Agracipta (PT BRA-1). Lebih dari sebelas ton pakaian dalam diekspor ke Austria dalam minggu ini, tepatnya pada tanggal 1 dan 2 April 2022. PT. BRA-1 memberangkatkan tiga kontainer ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang yang dijadwalkan berangkat menggunakan kapal laut menuju Austria pada tanggal 7 April 2022.

“Sebagai perusahaan yang menerima fasilitas kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta, kegiatan ekspor PT. BRA-1 ini tidak luput dari pelayanan dan pengawasan dari petugas pemeriksa Bea Cukai. Kami pastikan petugas terus siaga, baik dalam pelayanan dokumen maupun pengawasan proses bongkar muat barang ekspor/impor yang bisa dilaksanakan kapan saja. Meskipun kegiatan ekspor impor dilakukan di hari libur atau di luar jam kerja pada, akan tetap kami layani dengan baik,” tegas Hengky.

Baca Juga :   Melayani Sepenuh Hati, Bea Cukai Tuai Apresiasi

Pelayanan prima yang diberikan tersebut menurut Hengky merupakan salah satu wujud nyata dukungan Bea Cukai Yogyakarta terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk Indonesia. Dengan kegiatan ekspor ini saja, PT. BRA-1 telah menyumbang devisa negara sebesar 458.019,93 USD atau senilai 6,5 miliar rupiah.

“Pelayanan yang prima selalu diberikan oleh petugas Bea Cukai Yogyakarta di kawasan berikat, harapannya dengan kesiapan kami ini dapat memudahkan proses ekspor impor, efisiensi biaya dan waktu, sehingga pada akhirnya memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan negara,” tutup Hengky.(srv)

MIXADVERT JASAPRO