23,5 Juta Pemudik Siap Pulang Kampung ke Jateng

JagatBisnis.com – Mudik lebaran telah menjadi tradisi yang dinanti-nanti jutaan umat muslim di Indonesia. Karena dipastikam hampir 80 juta orang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini. Pada kegiatan mudik lebaran tahun 2022 ini, Jawa Tengah menjadi daerah paling banyak dituju dan diminati pemudik.

“Ada sebanyak 23,5 juta yang akan mudik ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar) sebanyak 14,7 juta,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat bersama DPR, Kamis (7/4/2022).

Menurut dia, dari 79,4 juta orang yang diprediksi mudik, sebanyak 13 juta orang berasal dari wilayah Jabodetabek. Sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung.

Baca Juga :   Kemenhub Kaji Kesiapan Vaksin Booster Jadi Syarat Penerbangan

Selain kendaraan pribadi, lanjutnya, pemudik yang menggunakan angkutan jalan berupa bus dan penyeberangan sebanyak 26,7 juta orang, pesawat 8,9 juta orang, kereta api 8,2 juta orang, kapal 1,4 juta orang, dan angkutan lainnya 0,1 juta orang.

Baca Juga :   Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi Pangkas Waktu Tempuh

“Sedangkan untuk jalur perjalanan yang paling banyak dipilih adalah melalui jalan tol Trans Jawa, jalur lintas Jawa Tengah, Tol Cipularang, jalur Pantura, jalan Trans Sumatera serta beberapa ruas jalan lainnya,” terang Budi.

Sementara itu, berdasarkan rencana operasi dan prediksi hasil survey, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April dan arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei. Sehingga pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini.

Baca Juga :   Kata Menhub Budi Karya, 87 Persen Masyarakat Tidak Ingin Mudik

“Adapun langkah yang disiapkan, antara lain dengan menerbitkan empat Surat Edaran Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri merujuk pada terbitnya SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022,” tutup Budi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO