Pekerja Bergaji di Bawah Rp3 Juta Direncanakan Dapat Sudsidi

JagatBisnis.com – Pemerintah berencana membagikan bantuan subsidi upah (BSU) untuk 8,8 juta tenaga kerja yang memiliki gaji di bawah Rp3 juta per bulan. Subsidi upah itu salah satu bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022. Hingga 1 April, realisasi PEN 2022 telah mencapai Rp29,3 triliun atau merupakan 6,4 persen dari alokasi Rp455,62 triliun.

“Presiden Joko Widodo sedang menggodok rencana program bantuan subsidi upah pekerja yang baru di tahun ini. Saat ini rencana tersebut sedang dimatangkan. Dalam waktu dekat, , kemungkinan dalam waktu dekat akan diumumkan pemberiannya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers Update PPKM secara virtual di Jakarta, Senin (4/4/2022).

Dia menjelaskan, selain BSU, perlindungan masyarakat lainnya juga diberikan untuk Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, serta bantuan pedagang kaki lima, warung, dan nelayan

Baca Juga :   567 ribu Pekerja Siap-siap Ditransfer Subsidi Gaji Termin Dua Tahap V

“Tahun ini Program PEN hanya ditujukan untuk tiga klaster yakni penanganan kesehatan dengan anggaran Rp122,54 triliun, perlindungan masyarakat Rp154,76 triliun serta penguatan pemulihan ekonomi Rp178,32 triliun. Sedangkan, klaster penanganan kesehatan dengan anggaran Rp122,54 triliun fokus pada melanjutkan penanganan Covid-19 dan percepatan atau perluasan vaksinasi.

Baca Juga :   Inilah Syarat Pekerja Penerima Bantuan Subsidi Upah 2021

Sementara itu, lanjut Airlangga, klaster perlindungan masyarakat yang memiliki pagu anggaran Rp154,76 triliun fokus untuk menjaga daya beli masyarakat miskin dan rentan serta penanganan kemiskinan ekstrem.

Baca Juga :   Inilah Syarat Pekerja Penerima Bantuan Subsidi Upah 2021

“Kemudian terkait penanganan kesehatan, realisasinya Rp1,55 triliun dan perlindungan masyarakat Rp22,74 triliun. “Perlindungan masyarakat ini dialokasikan untuk PKH, sembako, BLT desa, bantuan PKL, warung, dan nelayan. Lalu juga ada realisasi penguatan ekonomi sebesar Rp5 triliun,” pungkas Airlangga. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO