Ini Tantangan Indonesia Transisi Menuju Endemi

JagatBisnis.com – Pelonggaran aturan transisi menuju endemi harus dilakukan secara bijaksana. Situasi pandemi di Indonesia belum sepenuhnya aman, jika salah langkah bisa mengganggu pemulihan ekonomi. Apalagi, saat ini pandemi di Indonesia sudah mulai memasuki masa endemi. Namun, sifatnya masih riskan dan rentan sehingga transisi menjadi endemi banyak tantangannya.

“Justru yang menjadi persoalan menuju endemi, adanya penurunan antusiasme vaksinasi misalnya menjadi persoalan menuju endemi,” kata Ekonom, Yose Rizal Damuri dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Menurut dia, tantangan selanjutnya beradaptasi dengan ekonomi digital. Persoalannya masih banyak necessary condition yang masih belum mumpuni jika ingin melakukan transformasi digital secara optimal seperti infrastruktur, skills dan talents, serta literasi pengguna.

Baca Juga :   Ahli Wabah UI Sebut PPKM Diprekdiksi Dihentikan di Seluruh Indonesia pada Agustus 2022

“Selain itu, penyesuaian kerangka kebijakan juga diperlukan karena kerangka kebijakan ekonomi digital berbeda dengan kerangka kebijakan Indonesia yang masih dalam koridor ekonomi konvensional,” ungkap Yose.

Baca Juga :   Kabar Baik, Anies Sampaikan Pandemi COVID-19 akan Segera Berakhir

Sementara itu, Plt. Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Abdurohman menambahkan tren perubahan yang terjadi secara signifikan saat ini turut diakselerasi oleh adanya pandemi. Begitu pula tren digitalisasi yang meningkat pesat, termasuk di Indonesia.

Baca Juga :   Ahli Wabah UI Sebut PPKM Diprekdiksi Dihentikan di Seluruh Indonesia pada Agustus 2022

“Di kawasan ASEAN, transaksi digital Indonesia termasuk yang paling kuat dan masyarakat juga cepat beradaptasi. Pemerintah perlu terus mendorong berbagai infrastruktur untuk mendukung perubahan digital, termasuk investasi di Information and Communication Technology yang menjadi prioritas,” ucap Abdurohman. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO