Aktivis Greenpeace Kepung Kapal Tanker Pertamina

JagatBisnis.com –  Aktivis Greenpeace memblokade pengiriman minyak asal Rusia di lepas pantai Denmark, Kamis (31/3/2022). Dari dua kapal yang diblokir, salah satunya adalah kapal Pertamina Prime yang merupakan kapal tanker milik PT Pertamina International Shipping (PIS), anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero).

“Pengiriman minyak dilakukan kapal Seaoath yang memuat 100 ribu ton minyak ke kapal Pertamina Prime. Blokade dilakukan dengan berenang dan mengendarai kayak untuk menghampiri kapal tersebut,” kata Kepala Greenpeace Denmark Sune Scheller, seperti dikutip dari laman resmi Greenpeace, Senin (4/4/2022).

Menurut dia, aksi tersebut diserukan untuk mendukung larangan impor bahan bakar dari Rusia imbas serangan militer Moskow terhadap Ukraina. Karena bahan bakar fosil dan uang yang mengalir ke dalamnya adalah akar penyebab krisis iklim, konflik, dan perang, yang menyebabkan penderitaan besar bagi orang-orang di seluruh dunia.

Baca Juga :   Usai Operasi Ambeien, Siswa SMA di Prabumulih Alami Kelumpuhan

“Layanan pelacakan yang diluncurkan oleh Greenpeace Inggris telah mengidentifikasi adanya 299 supertanker yang membawa minyak dan gas dari Rusia sejak awal invasi ke Ukraina pada 24 Februari, 132 di antaranya menuju ke Eropa,” terangnya.

Baca Juga :   Kapolda Papua Barat: Penyerangan Pos TNI di Maybrat Terencana

Dia menjelaskan, meskipun beberapa negara menyatakan larangan kedatangan kapal Rusia, namun batu bara, minyak, dan gas fosil asal Negeri Beruang Merah itu masih diimpor melalui kapal milik negara lain. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO