Tiga Orang Tewas akibat Dua Pesawat Militer Korsel Bertabrakan di Udara

JagatBisnis.com – Dua pesawat Angkatan Udara (AU) Korea Selatan bertabrakan di udara saat pelatihan dan menghantam sebuah gunung di kota di bagian tenggara, Sacheon, Jumat (1/4/2022). Insiden itu menewaskan tiga orang dan melukai satu lainnya, kata sejumlah pejabat seperti dilansir Yonhap.

Para pejabat itu, yang berbicara dengan syarat namanya dirahasiakan, mengatakan, mereka belum menerima laporan mengenai apakah ada korban sipil atau kerusakan berarti di lokasi jatuhnya kedua pesawat itu.

Tiga helikopter, 20 kendaraan, dan puluhan anggota tim SAR dikirim ke tempat kejadian, kata para pejabat itu.

Baca Juga :   Sedih, Ibu yang Ditahan karena Protes Pabrik Rokok Punya Anak Lumpuh

Pesawat Korea

AU Korea Selatan mengkonfirmasi terjadinya tabrakan dua pesawat latih KT-1 itu. Namun sebuah pernyataan dari AU itu mengatakan, pihaknya masih berusaha mengukuhkan apakah ada korban tewas dan apakah pilot-pilot di kedua pesawat itu sempat melontarkan diri mereka keluar pesawat dengan aman. KT-1 adalah pesawat dua kursi.

Baca Juga :   Lagi, Siswa SMA Kepergok Dugem di Hotel

Penyebab tabrakan belum diketahui. Insiden hari Jumat terjadi beberapa bulan setelah seorang pilot AU Korea Selatan meninggal pada Januari setelah jet tempur F-5E yang dikemudikannya menabrak gunung di kota Hwaseong.

Baca Juga :   Aksi Heroik, Remaja Perempuan Tabrak 2 Perampok Pakai Motor

Korea Selatan memiliki sekitar 560.000 tentara karena memberlakukan sistem wajib militer yang dimaksudkan untuk membantu mencegah potensi agresi dari Korea Utara. Adapun Korea Utara memiliki sekitar 1,3 juta tentara, salah satu militer terbesar di dunia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO