MUI: Masjid di Arab Pakai Speaker Luar saat Azan hingga Sholat Tarawih

JagatBisnis.com-Masjid Nabawi di Madinah menggunakan pengeras suara luar saat adzan, sholat jamaah dan shlat tarawih. Bahkam pengeras suara tersebut dengan jangkauan yang sangat luas. Sehingga, syiar Islam sangat terasa di Arab Saudi. Terlebih saat mengawali bulan puasa Ramadhan1443 Hijriah di Madinah, Arab Saudi.

“Masyarakat sekitarnya pun ikut menyesuaikan, bukan meminta untuk dikecilkan,”kata Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan tertulis, Minggu (3/4/2022)

Menurut dia, suasana di Arab Saudi saat azan berkumandang, para pedagang dan pelaku usaha, justru menutup sementara tokonya dan menghentikan sementara aktivitas usahanya. Sehingga tidak ada restoran yang minta buka dengan alasan ada orang yang tidak berpuasa.

Baca Juga :   Soal Fatwa Haram Beri Uang Pengemis, Begini Pandangan Waketum MUI

“Dengan situasi seperti itu, mereka tanpa merasa terganggu. Bahkan menikmati Ramadan yang syahdu,” tegas dia.

Baca Juga :   MUI: Wilayah Zona Merah, Shalat Idul Adha Baiknya di Rumah Saja

Dia menjelaskan, sementara itu, untuk pelaksanaan sholat tarawih di Masjid Nabawi kini boleh memenuhi masjid secara maksimal. Dengan demikian, masjid yang berkapasitas hingga 1 juta jamaah itu, kini telah dipenuh para jemaah.

Baca Juga :   MUI Jatim: Pinjol Ilegal Haram dan Dosa Besar

“Saat daya tampung penuh. Petugas dengan sigap langsung mengarahkan jamaah lainnya ke lantai atap (rooftop) dan di halaman masjid. Halaman masjid pun nampak penuh. Saya pun sempat terhalang masuk dan akhirnya sholat tarawih di halaman, padahal hadir sebelum waktu Isya tiba,”pungkas dia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO