Aturan Konsumsi Kurma yang Tepat dan Aman untuk Penderita Diabetes

JagatBisnis.com-Penderita diabetes sebenarnya tidak diperbolehkan mengkomsumsi kurma. Karena kondisi tubuhnya yang tidak mampu menyerap glukosa. Sehingga, glukosa menumpuk dalam tubuh. Tapi bagi para penderita diabetes yang ingin sekali mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa di Ramadhan ini, ada aturannya. Sehingga kurma bisa aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga :   Mengenal Hepatitis B

Nutrition and Dietetics, rumah sakit SIr Ganga Ram, Dr. Mukta Vasistha menjelaskan, penderita diabetes sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi buah kering. Sebab, kebanyakan buah kering kaya gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Kurma merupakan buah dengan sumber fruktosa alami. Setiap kurma kering mengandung 67 kalori dan sekitar 18 gram karbohidrat. Selain itu, sebiji kurma mengandung sekitar 2 gram serat.

“Penderita boleh mengonsumsi kurma. Bahkan penderita diabetes bisa makan kurma dua sampai tiga buah per hari. Jadi, kurma aman untuk penderita diabetes. Sebab, kurma mengandung serat tinggi yang membuat proses pencernaan karbohidrat menjadi lambat.

Baca Juga :   Berikut 5 Bahaya Kandungan EG dan DEG untuk Tubuh

Dia menjelaskan, lambatnya proses pencernaan membuat kadar gula darah tidak mengalami lonjakan. Kurma memang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, namun sebaiknya tetap diimbangi dengan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO