Menteri Teten: Sarinah Jadi Rumah Bagi UMKM yang Lebih Berkelas

JagatBisnis.com – Pelaku UMKM memerlukan rumah sendiri untuk dapat berkembang dan menjual produknya. Dengan adanya rumah bagi pelaku UMKM, produknya akan menjadi lebih berkelas dan memiliki narasi yang kuat.

“Saya pernah ngotot ke pengelola mal agar 20 persen space diberikan untuk UMKM. Tapi ternyata itu bukan rumah mereka. UMKM tidak bisa bersaing. Diharapkan, Sarinah bisa jadi rumah UMKM yang nyaman untuk pelaku UMKM,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, saat melakukan kunjungan ke Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (28/3/2022), seperti keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, Sarinah juga dapat menjadi contoh nyata bagi pemerintah daerah untuk membangun rumah bagi UMKM. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan gedung tua milik pemerintah yang diubah menjadi tempat oleh-oleh yang nyaman dan memiliki kualitas produk berdasarkan kurasi terlebih dahulu.

Baca Juga :   UMKM Harus Manfaatkan PLUT untuk Perbaikan Produk dan Digitalisasi

“Tak hanya itu, tempat oleh-oleh itu pasti buatan lokal dan produk UMKM. Tentu tempat tersebut akan memiliki captive market tersendiri dan harus menjamin kualitas produk yang dipasarkan. Jadi ke depan UMKM itu harus punya narasi kuat untuk menjualnya dan punya tempat sendiri. Kita ini punya banyak gedung-gedung tua di banyak daerah. Jadi jangan lagi jualan di emperan, enggak bakal dihargai,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO