Korlantas Mulai Berlakukan ETLE Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatera pada April 2022

JagatBisnis.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai memberlakukan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Tol Trans-Jawa dan Tol Trans-Sumatera per April 2022.

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan ada dua jenis pelanggaran, yakni kelebihan muatan (overload) dan kecepatan berlebih atau overspeed.

“Yang pertama adalah pelanggaran overload ini di tol Transjabar kemudian yang kedua pelanggaran overspeed ini ada di tol Transjawa dan Transsumatera,” katanya.

Aan menyebut mulai Jumat (1/4/2022) sebanyak 244 kamera ETLE Nasional Presisi akan diimplementasikan.

Dikatakan pula bahwa mekanisme penindakan yang bakal diterapkan Korlantas Polri.

“Jadi, setelah di-capture pelanggaran tersebut overload maupun overspeed, ini akan masuk ke back office Korlantas. Dari back office diproses, divalidasi, diverifikasi. Setelah diverifikasi ini layak untuk dikirim surat konfirmasi begitu secara fisik maupun melalui web yang ada,” jelas Aan.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang telah mengunduh web tentang ETLE bakal mendapat notifikasi jika melakukan pelanggaran.

Jika tidak, menurut dia, surat konfirmasi ihwal pelanggaran bakal dikirim ke alamat kendaraan.

“Setelah ada konfirmasi, kewajiban selanjutnya adalah membayar denda tilang. Denda maksimal yang sudah ditentukan itu melalui rekening BRIVA,” ujarnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO