Wagub DKI: Penonton Formula E Turun Jadi 10 Ribu

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

JagatBisnis.com – Jumlah penonton Formula E di Jakarta terancam berkurang. Sebab saat ini kapasitas tribun yang sudah dipastikan hanya 10 ribu penonton, padahal gelaran balap mobil listrik dunia itu sempat ditarget disaksikan 40 sampai 60 ribu penonton.

Menanggapi hal tersebut Wagub DKI Jakarta Riza Patria mengatakan panitia pasti sudah mempertimbangkan dengan matang keputusan tersebut. Meskipun Riza mengaku belum tahu alasan pasti keputusan tersebut.

“Kalau soal kenapa, bisa ditanyakan oleh Jakpro. Itu kan harus disesuaikan. Selain masalah masih pandemi mungkin, kedua apakah tempatnya memungkinan,” kata Riza kepada wartawan, Minggu (27/3).

Baca Juga :   Formula E di Monas Batal, Terkendala Perizinan

Riza yakin panitia sudah memperhitungkan untung dan rugi dari keputusan tersebut. Sehingga ia memastikan apa pun keputusan yang dibuat merupakan yang terbaik.

“Panitia tentu harus menghitung positif dan negatifnya. Saya kira sudah dihitung. Jadi semua keputusan yang diambil oleh panitia saya kira itu yang sudah yang terbaik yang memungkinkan,” kata Riza.

Lebih jauh Riza menjelaskan berkurangnya jumlah penonton belum tentu mengurangi pendapatan dari acara balap internasional itu. Sebab bisa saja jumlah penonton disiasati dengan menaikkan harga tiket atau menambah sponsor.

Baca Juga :   Formula E Dongkrak Elektabilitas Anies Sekaligus Untungkan Garuda

“Iya betul income-nya mungkin berkurang tapi dari segi jumlah orang kan. Dari segi nilai belum tentu, tergantung berapa harganya,” kata Riza.

“Kalau pembayaran tiket berkurang jadi peluang yang lain dari mana? Mungkin dari sponsor,” tambah dia.

Kalau pun nilainya tetap minus, Riza meyakinkan Indonesia tetap mendapat keuntungan dari sisi lain penyelenggaraan tersebut. Ia membandingkan penyelenggaraan Formula E dengan MotoGP Mandalika kemarin.

“Jadi Formula E ataupun Mandalika dan event-event lainnya tidak mungkin di tahun pertama bisa langsung untung, dia perlu waktu. Tapi untung lainnya apa ada, Indonesia dipercaya, Indonesia berhasil, Indonesia sukses dan itu kan nilai yang luar biasa yang tidak bisa diukur dengan nilai rupiah,” kata Riza.

Baca Juga :   Usai Kecelakaan, Pemprov DKI Akan Evaluasi TransJakarta

Pengurangan jumlah penonton Formula E diungkap oleh Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E Irawan Sucahyono. Ia menyebut saat ini baru 10 ribu penonton yang dipastikan oleh Formula E Operation (FEO).

“Yang pasti sekarang 10 ribu ya, tribun. Nanti kita berkembang juga, lagi di-review sama FEO. Tapi sementara masih di situ,” kata Irawan, Jumat (25/3). (pia)

MIXADVERT JASAPRO