Pentingnya Pengelolaan Air Minum

JagatBisnis.com-Pengelolaan air minum merupakan kunci pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi pilar kesehatan masyarakat. Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Air Sedunia, Kementerian Dalam Negeri agar pemerintah daerah (Pemda) dapat menjalankan sejumlah kebijakan sebagai wujud hadirnya negara dalam menjamin kemakmuran rakyat.

“Kami mendorong Pemda meningkatkan sinergi dan kolaborasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum. Hal ini dimulai dari penyusunan rencana bisnis, Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) BUMD, hingga penetapan tarif air minum,” kata Dirjen Bina Kemendagri Agus Fatoni, dalam keterangan tertulis, Minggu (27/3/2022).

Selain itu, lanjut dia, pemda juga didorong agar menjaga keseimbangan dalam menetapkan kebijakan pajak daerah terkait penggunaan air tanah dan air permukaan. Sehingga penyelenggaraan SPAM Regional dapat berjalan sesuai dengan tujuan guna dapat mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga merupakan target seluruh populasi dunia.

Baca Juga :   Perumda Pasar Jaya Dapat Penghargaan sebagai BUMD Paling Peduli Pandemi

“Untuk mendapatkan air minum yang dikelola dengan aman, yaitu akses universal dan merata terhadap air minum yang aman dan terjangkau bagi seluruh masyarakat yang targetnya diharapkan pada tahun 2030,” imbuhnya.

Baca Juga :   Vaksinasi Booster Masih di Bawah 30 Persen, Pemda Diminta Kebut

Dia menjelaskan, berkaitan dengan hal tersebut pihaknya meminta pemda memprioritaskan pengelolaan air minum. Pemerintah provinsi diharapkan berperan aktif mendorong penetapan tarif pemulihan biaya penuh atau Full Cost Recovery (FCR) dan SPAM. Karena gubernur diberikan kewenangan untuk menetapkan tarif batas atas dan bawah di setiap BUMD Air Minum kabupaten/kota.

Baca Juga :   Kemendagri Minta Pemda Susun APBD 2023 Fokus Hapus Kemiskinan

“Air ini sangat penting bagi kehidupan, bagi kesehatan, oleh karena itu daerah harus betul-betul menjadikan pengelolaan air minum menjadi salah satu prioritas. Oleh karena itu, Pemda secara aktif didorong untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang berasal dari air limbah domestik,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO