Diprediksi, Puncak Arus Mudik 2022, pada 28 April Mendatang

JagatBisnis.com-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 28 April mendatang. Sehingga pada 30 April akan ada potensi perjalanan meningkat Sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei mendatang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, pengguna mobil pribadi diprediksi sebesar 26 persen atau 21 juta orang dan sepeda motor sebesar 18 persen atau 14 juta orang mendominasi mayoritas jenis moda pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. Selanjutnya disusul oleh bus 16 persen atau 12 juta orang dan pesawat 12 persen atau 9 juta orang.

“Kami menghimbau, semua pihak yang terlibat dalam angkutan Lebaran tahun ini dapat memaksimalkan kinerjanya dengan baik. Kami tidak ingin banyak masyarakat yang mau pulang dan terhambat. Karena persiapannya kurang baik,” tegasnya.

Baca Juga :   Hari Pertama Larangan Mudik, KAI Layani 2.852 Penumpang Non-mudik

Dia menambahkan, untuk daerah tujuan terbanyak mudik diprediksi ke Jawa Tengah sebesar 26,8 persen. Dari hasil penelitian Badan Litbang Perhubungan, daerah tujuan terbesar yaitu ke Jawa Tengah sebanyak 21,3 juta orang yang akan datang dari berbagai provinsi terutama dari Jawa Timur dan Jabodetabek.

Baca Juga :   Jalur Pantura dan Cipali Dipadati Pemudik Menjelang H-1 Larangan Mudik

“Dari hasil penelitian tersebut juga diperoleh data selain ke Jawa Tengah, potensi pergerakan masyarakat terbesar selanjutnya yaitu ke Jawa Timur dan Jawa Barat. Survei potensi pergerakan masyarakat selama Angkutan Lebaran 2022 dilakukan pada 9-21 Maret setelah syarat perjalanan dengan test antigen atau PCR dihapuskan,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO