Teten: Bahan Produk Dalam Negeri Jangan Terus Impor

JagatBisnis.com –  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) akan memenuhi kebutuhan produk dalam negeri. Karena masih banyak produk-produk dalam negeri yang masih diimpor, seperti alat-alat kesehatan, alat pertanian dan teknologi pengelolaan makanan.

“Kami dari sisi suplainya akan beresin ekosistemnya. Sehingga kami berani untuk tidak lagi impor. Apalagi, sebenarnya Indonesia bisa memproduksi kebutuhan dalam negeri dari produk UMKM,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Dia mengaku, di mana untuk kuantitas dan kualitas produk dalam negeri kita sudah siap. Bahkan tidak kalah dengan produk luar negeri. Karena produk dalam negeri ini memang membutuhkan kebijakan pemerintah. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengamanatkan agar belanja Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan BUMN harus menyerap produk UMKM.

Baca Juga :   MenkopUKM Dukung Gerakan Pangan Pancasila dalam Wujud Koperasi Berbasis Ekonomi Kerakyatan

“Jadi di Undang-Undang (UU) Cipta Kerja 40 persen belanja negera harus membeli produk UMKM dan sekitar Rp 400 triliun. Coba kalau APBN sudah Rp5 ribu triliun. Jadi, hitung berapa valuenya? Ini besar sekali,” ungkap Teten. (eva)

MIXADVERT JASAPRO