UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 di Indonesia

JagatBisnis.com – Saat ini dunia otomotif, khususnya di Indonesia sedang mengalami perubahan dengan dikeluarkannya peraturan emisi gas buang Euro4 yang akan diimplementasikan pada bulan April 2022 mendatang. Untuk mendukung program pemerintah tersebut, PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI), resmi meluncurkan line up terbaru Quester Euro5, secara virtual, Kamis (24/3/2022). Pada acara ini juga memperkenalkan slogan terbaru, “Better Life for Logistic, Planet and People”.

“Dalam slogan itu, kami bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi
seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau,” kata Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI, Aloysius Chrisnoadhi, disela-sela acara peluncuran tersebut.

Dia menjelaskan, produk Quester Euro5 yang memiliki teknologi
pengendalian emisi yang lebih maju, yaitu Selective Catalytic Reduction (SCR)
yang mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu. Selain itu, lebih hemat bahan bakar dan aman. Apalagi, saat ini sejumlah produsen kendaraan berupaya untuk mengurangi kadar NOx sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dengan beberapa cara.

Baca Juga :   Astra UD Trucks Resmikan Gudang Suku Cadang di Semarang

“Selain kendaraan bertenaga listrik, ada dua cara yang dapat digunakan untuk menurunkan NOx. Pertama menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang di sebuah sistem yang terpisah dari mesin utamanya sebelum dibuang ke atmosfer. Sistem ini dikenal dengan SCR,” ungkapnya.

Baca Juga :   Astra UD Trucks Memperluas Penjualan Suku Cadang di Marketplace

Kedua, lanjut dia, dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun. Sehingga akan menurunkan kadar NOx. Sistem ini dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Baca Juga :   Komitmen UD Trucks Dukung Penerapan EURO4 dengan Infrastruktur

“Kami yang dahulu bernama Nissan Diesel merupakan merek pertama di dunia yang menggunakan teknologi SCR dengan AdBlue. Sistem itu kami aplikasikan pada truk Quon di tahun 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu
mesin utamanya,” paparnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO