Ekbis  

Susuri Daerah Terpencil, Bea Cukai Lakukan Pengawasan Harga Transaksi Pasar

JagatBisnis.com –  Pemantauan harga transaksi pasar (HTP) atas barang atas barang kena cukai berupa rokok yang dijual para pedagang eceran, secara rutin dilaksanakan Bea Cukai. Kegiatan pengawasan ini dilaksanakan untuk menciptakan keadilan berusaha. Selain itu, Bea Cukai juga memastikan tidak adanya rokok ilegal yang diperjualbelikan sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Hatta Wardhana mengungkapkan apa yang dimaksud pemantauan harga transaksi pasar. “Pemantauan HTP adalah kegiatan membandingkan HTP (harga pada tingkat konsumen akhir) dengan harga jual eceran (HJE) yang tercantum pada pita cukai hasil tembakau,” ungkap Hatta.

Selain harga, petugas Bea Cukai yang melakukan pemeriksaan akan mencatat jenis, isi, nama merek, kode personalisasi, dan perusahaan yang memproduksi rokok tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi toko yang menjual rokok eceran yang dipilih secara acak, kemudian nantinya data tersebut akan dilaporkan ke Kantor Pusat Bea Cukai melalui aplikasi ExSIS. Kegiatan pengawasan HTP di bulan Maret 2022 kali ini dilaksanakan oleh Bea Cukai Bandung, Bea Cukai Banyuwangi, Bea Cukai Cikarang, Bea Cukai Bandar Lampung, dan Bea Cukai Ambon.

Baca Juga :   Bea Cukai Dumai Amankan 500 gram Narkoba di Terminal Ferry

Pemantauan HTP dilaksanakan sebagai bagian dari pemantauan keselarasan antara harga jual eceran yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan harga jual eceran rokok-rokok tersebut di pasaran. Terhadap data hasil pemantauan ini nantinya akan dilakukan analisa untuk dijadikan bahan evaluasi pemerintah, dalam hal ini bea cukai untuk menentukan kebijakan harga jual eceran produk hasil tembakau.

Baca Juga :   Sigap Mengawasi, Bea Cukai Lakukan Pencacahan Pita Cukai

Hatta menambahkan, selain melakukan pengawasan HTP, petugas Bea Cukai juga memberikan pengetahuan terkait rokok ilegal. “Lewat edukasi yang diberikan petugas Bea Cukai terkait larangan peredaran rokok ilegal, diharapkan pemahaman para pedagang eceran dapat semakin meningkat. Dengan begitu peredaran rokok ilegal juga dapat semakin ditekan,” pungkas Hatta.(srv)

MIXADVERT JASAPRO